Berita Ragam Respons Elite PDIP soal Wacana Usung Anies di Pilgub DKI 2024

by


Jakarta, Pahami.id

Anies Baswedan masuk dalam daftar nama yang diusulkan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jakarta untuk dicalonkan sebagai calon gubernur Jakarta Pilkada 2024.

Selain Anies, nama lain yang diajukan adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Anies Baswedan, Andika Perkasa, dan Prasetyo Edi Marsudi hingga Ketua DPD Partai Hanura DKI Jakarta Djafar Badjeber.

“Djafar Badjeber dari Hanura. Dari kader PDI Perjuangan ada Pak Rasyidi. Lalu ada nama lain yang saya tidak ingat karena tidak terlalu populer,” kata Sekretaris PDIP DKI Pantas Nainggolan.


Beragam tanggapan terhadap usulan Anies maju pada Pilkada 2024 pun terlontar dari sejumlah tokoh PDIP.

Ketua Bidang Politik DPP PDIP Puan Maharani menilai Anies merupakan calon yang menarik untuk dipertimbangkan di DKI Jakarta. Puan mengatakan, PDIP bertindak realistis dalam mengajukan calon di Pilkada provinsi. Sebab setiap daerah mempunyai dinamika politik yang berbeda-beda.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Menarik juga Pak Anies, kata Puan usai memimpin Rapat Paripurna di kompleks parlemen, Selasa (4/6).

Wakil Sekjen PDIP Utut Adianto pun menilai Anies akan menjadi calon ideal jika disandingkan dengan kader PDIP pada Pilkada 2024.

Utut mengatakan, kader PDIP bisa menjadi pendamping Anies pada posisi calon wakil gubernur. Ia menegaskan, pandangan tersebut merupakan sikap pribadi, bukan perwakilan partai.

“Kalau misalnya Pak Anies berpasangan dengan kader kita jadi wakil gubernur, tentu lagi-lagi ini belum diputuskan, ini pandangan pribadi, itu bagus sekali,” kata Utut di kompleks parlemen, Kamis (13/1). 6).

Utut mengaku realistis. Dia ingin PDIP menang pada pilkada mendatang. Menurutnya, Anies memenuhi beberapa syarat untuk maju dan berpeluang menang baik dari segi popularitas maupun elektabilitas.

Makanya menurut saya dari segi popularitas dan elektabilitas, menurut saya Encik Anies pasti punya posisi yang bagus, kata Utut.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya yang mengutamakan kader internal untuk menjadi calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada 2024. PDIP telah mengeluarkan lebih dari 70 surat tugas untuk Pilkada 2024.

Meski demikian, PDIP tetap membuka ruang bagi orang di luar partai untuk mencalonkan diri sebagai gubernur dan wakil gubernur.

“Sebagai partai politik, tentu kami mendidik kader partai melalui sekolah dan penugasan partai. Kami melihat potensi mereka [kader partai] Jadi tentu kader mendapat skala prioritas, tapi partai juga membuka ruang karena proses kepemimpinan bisa disiapkan melalui jalur birokrasi, jalur TNI-Polri yang bisa dicalonkan purnawirawan TNI, kata Hasto dalam door stop session di Gedung DPR. pertunjukan boneka tersebut. agenda di Halaman Masjid At-Taufiq, Festival Sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu (8/6) sore.

Kemudian muncul nama Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa. Ini juga masuk radar sebagai calon gubernur karena pengalamannya yang luas, sehingga partainya terbuka, lanjutnya.

Wacana tersebut pun ditanggapi Mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan kader PDIP. Ganjar pribadi menilai kecocokan PDIP dan Anies sebaiknya dibicarakan melalui proses diskusi atau negosiasi.

Perlu dibicarakan, mudah-mudahan kita bisa bernegosiasi. Tapi kalau tidak cocok menurut saya tidak perlu dipaksakan,” kata Ganjar saat ditemui usai melaksanakan Idul Fitri. salat al-Adha di dekat kediamannya, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, DIY, Senin (17/6).

Di satu sisi, Ganjar menilai wacana PDIP mendukung Anies di Pilgub DKI Jakarta merupakan bentuk keterbukaan partainya dalam berpolitik.

Ganjar mengatakan, umumnya partainya mempersiapkan kader internal terlebih dahulu untuk diusung sebelum diusung ke pilkada. Namun, jika tidak ada yang memenuhi kriteria, PDIP bisa mengajukan calon dari luar partai berdasarkan kesepakatan.

(yla/DAL)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);