Berita Putra Mahkota Frederik Resmi menjadi Raja Denmark

by


Jakarta, Pahami.id

Putra Mahkota Frederik resmi menjadi raja Denmark Minggu ini (14/1). Frederik kini menyandang gelar Raja Frederik

Hal ini terjadi setelah ibunya, Ratu Margrethe II, turun tahta. Margrethe II mengatakan sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyerahkan takhta kepada Frederik.

Ratu berusia 83 tahun ini merupakan raja terlama di Eropa setelah memerintah Denmark selama 52 tahun.


“Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyerahkan tanggung jawab kepada generasi berikutnya,” ujarnya seperti dikutip CNN.

Transisi penting di Denmark ini akan menjadi peristiwa yang jauh lebih sederhana dibandingkan dengan tontonan global dan arak-arakan penobatan Raja Charles III pada bulan Mei.

Namun demikian, dengan jajak pendapat baru-baru ini yang terus menunjukkan dukungan publik yang kuat terhadap monarki, diperkirakan akan ada banyak orang yang hadir pada penobatan Frederik.

Meskipun monarki Denmark adalah salah satu monarki tertua di Eropa, yang sudah berusia lebih dari 1.000 tahun, namun belum ada penobatan tradisional.

Oleh karena itu, para pemimpin dunia dan pejabat tinggi diperkirakan tidak akan hadir.

Ratu Margrethe II sendiri naik tahta Denmark pada 14 Januari 1972 setelah kematian ayahnya, Raja Frederik IX. Setelah kematian Ratu Elizabeth II dari Inggris tahun lalu, Margrethe menjadi raja yang paling lama menjabat di Eropa, yaitu 52 tahun.

Setelah Putra Mahkota Frederik resmi dilantik sebagai Frederik X, istrinya, Putri Mary, akan menjadi Permaisuri Denmark. Putri Mary akan menjadi orang Australia pertama yang memegang peran tersebut.

Berdasarkan konstitusi saat ini, anggota Keluarga Kerajaan Denmark diketahui mempunyai peran terbatas dalam kegiatan kenegaraan.

Kekuasaan tertinggi ada di tangan parlemen, namun peresmian undang-undang baru harus melibatkan tanda tangan raja yang diwakili oleh Raja atau Ratu.

Selain itu, Raja dan Ratu Denmark mempunyai peran penting dalam agenda internasional sebagai duta besar dan wakil negara.

(mrh/agustus)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);