Berita Putin Soal Gencatan Senjata Israel-Hamas: Langkah yang Benar

by
Jakarta, Pahami.id

Presiden Rusia Vladimir Putin disebut gencatan senjata Israel-Hamas adalah langkah ke arah yang benar. Meskipun demikian, Putin berharap gencatan senjata penuh lebih baik daripada jeda kemanusiaan.

Pernyataan tersebut disampaikan Putin saat menghadiri konferensi tingkat tinggi luar biasa (KTT) BRICS secara virtual pada Selasa (21/11).

“Saya ingin menekankan bahwa jeda kemanusiaan, dan bahkan lebih baik lagi, gencatan senjata total sangat penting untuk melanjutkan upaya pembebasan sandera dan mengevakuasi warga sipil dan orang asing dari Jalur Gaza,” kata Putin seperti dikutip dari situs resmi. Presiden Rusia.


Putin lebih lanjut menekankan bahwa tujuan paling mendesak adalah mencapai gencatan senjata yang benar-benar berjangka panjang dan berkelanjutan. Meski demikian, ia juga tetap menghormati resolusi yang dikeluarkan PBB pekan lalu.

Meskipun resolusi ini hanya berisi seruan untuk jeda kemanusiaan dan bukan gencatan senjata penuh, kami menganggap fakta bahwa resolusi ini telah disahkan sebagai langkah ke arah yang benar, kata Putin.

Putin kemudian menyinggung pendapat Brazil yang menyatakan bahwa negara lain tidak boleh terlibat dalam perang di Timur Tengah dan konflik tidak meluas sehingga perdamaian di Timur Tengah tetap terjaga.

Dalam konteks ini, kata Putin, dunia perlu terus mendiskusikan perkembangan lebih lanjut konflik Palestina-Israel di BRICS.

“Jika tidak ada keberatan, rekan-rekan, kami akan memulai kontak, termasuk melalui konferensi video, mengenai masalah ini selama masa kepresidenan BRICS Rusia tahun depan,” kata Putin.

(apa saja/rhr)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);