Berita Putin soal Agresi Israel ke Gaza: Pemusnahan Total Penduduk Sipil

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Rusia Vladimir Putin sekali lagi mengutuk invasi brutal tersebut Israel ke Jalur Gaza Palestina yang telah berlangsung tepat delapan bulan sejak Kamis (6/6).

Dalam konferensi pers di depan media asing di St Petersburg, Putin mengatakan apa yang terjadi di Gaza bukanlah perang, namun “penghancuran total penduduk sipil”.


“Apa yang terjadi sekarang di Gaza sebagai respons terhadap serangan teroris terhadap Israel, tidak menyerupai perang. Ini adalah semacam pemusnahan total terhadap penduduk sipil,” kata Putin seperti dikutip. AFP.

Dalam kesempatan itu, Putin juga menyampaikan bahwa Kremlin siap membantu menyelesaikan krisis di Gaza. Ia percaya bahwa perdamaian tidak dapat dicapai tanpa berdirinya negara Palestina yang merdeka.

Sejauh ini, Putin termasuk negara utama yang mengutuk keras invasi brutal Israel ke Gaza.

Dalam tautan video yang diposting ke kabinetnya pada bulan Februari, Putin mengatakan Rusia memiliki kewajiban moral untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina di Gaza. Hal itu diungkapkannya setelah mengaku melihat berbagai video anak-anak Palestina yang menjalani operasi tanpa anestesi.

Orang nomor satu di Rusia mengatakan kematian ribuan orang, evakuasi massal warga sipil dan tragedi kemanusiaan yang terjadi di Gaza telah menimbulkan “keprihatinan yang mendalam.”

“Melihat bagaimana anak-anak dioperasi tanpa anestesi, jelas menimbulkan perasaan yang sangat mendalam,” ujarnya dalam pertemuan tersebut.

Dia juga mengatakan bahwa Moskow akan mengupayakan gencatan senjata kemanusiaan sebagai tugas utama jangka pendeknya sehingga kita dapat segera melihat perdamaian abadi di Jalur Gaza.

Hingga Kamis (6/6), sebanyak 36.586 warga Palestina tewas dan 83.074 lainnya luka-luka akibat invasi brutal Israel ke Gaza sejak 7 Oktober 2023. Korban tewas sebagian besar adalah anak-anak dan perempuan.

(rds)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);