Berita Profil Singkat 5 Nama yang Diusulkan Suku Betawi di Pilgub Jakarta

by

Daftar isi



Jakarta, Pahami.id

Badan Permusyawaratan atau Suku Betawi Bamus 1982 mengajukan lima nama bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta kepada partai politik pada Pilkada 2024.

Nama yang diusulkan berasal dari kaitan dengan orang tua dan toko tradisional.

Nama-nama yang diajukan antara lain Marullah Matali, Lutfi Hakim, Zainuddin, Dailami Firdaus, dan Moh. Ihsan. Nama-nama tersebut akan diusulkan kepada pimpinan parpol, kata Ketua Umum Suku Betawi Bamus 1982, Zainuddin dalam keterangannya, dilansir Antara.


Berikut profil singkat lima nama yang diusulkan Bamus Suku Betawi 1982:

Marullah Matali

Marullah Matali saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Bidang Kebudayaan dan Pariwisata. Ia diangkat pada posisi tersebut pada Desember 2022.

Sebelum menjadi Wakil, Marullah menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta sejak Januari 2021.

Dalam perjalanan karirnya, pria kelahiran 27 November 1965 ini telah menduduki berbagai jabatan. Ia pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Selatan, Kepala Sekretariat Dinas Sosial, Kepala Biro Pendidikan dan Mental, Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pariwisata, dan Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pengendalian Penduduk.

Lutfi Hakim

Lutfi merupakan Ketua Umum Forum Rempug Betawi (FBR). Ia menjabat sejak 2009 setelah pendahulunya, Ahmad Fadloli El-Munir meninggal dunia.

Sebelumnya, Lutfi merupakan Sekretaris Jenderal ormas tersebut. Lutfi kini juga menjabat Wakil Ketua PWNU DKI Jakarta.

Sementara itu, Lutfi sebelumnya juga mendaftarkan dirinya sebagai calon Gubernur Provinsi DKI Jakarta tahun 2024 di DPW Partai Solidaritas Indonesia Jakarta.

Dailami Firdaus

Dailami merupakan anggota DPD RI dari daerah pemilihan Jakarta periode 2019-2024. Ia dilantik pada Desember 2021 menggantikan Sabam Sirait yang meninggal dunia.

Pria kelahiran 12 Desember 1964 ini merupakan anggota DPD RI periode 2014-2019 dan merupakan Wakil Kepala BKSP DPD RI serta anggota Komite II DPD RI.

Pada pemilihan anggota DPD RI periode 2019-2024, Dailami Firdaus menempati peringkat kelima di bawah Sylviana Murni dengan perolehan 376.164 suara.

Mohammad Ihsan

Ihsan menjabat sebagai Ketua Umum Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) sejak Mei 2021.

Saat ini, ia juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Suku Bamus Betawi pada tahun 1982.

Zainudin

Zainuddin atau Haji Oding merupakan Ketua Umum Suku Bamus Betawi pada tahun 1982.

Ia merupakan anggota DPRD DKI Jakarta periode 2009-2014 dari Fraksi Partai Golkar. Ia juga pernah menjabat Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta

Zainuddin juga pernah menjabat sebagai Sekretaris DPD Golkar DKI Jakarta

(yo/gil)