Berita Presiden Palestina Titip Pesan untuk Biden Melalui Jokowi

by
Jakarta, Pahami.id

Presiden Palestina Mahmud Abbas mempercayakan pesan tersebut kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi berencana mengunjungi Negeri Paman Sam di tengah krisis Gaza.

Pesan tersebut terungkap saat Jokowi dan Abbas melakukan pertemuan di sela-sela konferensi tingkat tinggi Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11). OKI mengadakan pertemuan untuk membahas Palestina dan menentukan posisi mereka.

Pertemuan bilateral dan amanah tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi media virtual, Minggu (12/11).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Presiden Abbas juga meminta Presiden Jokowi menyampaikan pesan kepada AS pada pertemuannya dengan Presiden Biden di Washington DC 13 November lalu, kata Retno.

Namun Retno tak menjelaskan lebih lanjut mengenai pesan yang disampaikan Abbas kepada Biden.

Terkait kunjungan resmi pemerintah Indonesia ke AS, Kementerian Luar Negeri RI sebelumnya menyatakan Jokowi akan menyampaikan posisi Indonesia dan hasil KTT OKI.

Jokowi dan Biden juga disebut-sebut akan membahas hubungan bilateral kedua negara, termasuk kerja sama ekonomi.

Dalam kesempatan tersebut, kata Retno, Jokowi menyampaikan dukungan Republik Indonesia terhadap Palestina.

Presiden mengadakan pertemuan dengan Presiden Abbas untuk menyampaikan kembali dukungan Indonesia terhadap perjuangan Palestina, kata Retno.

Para pemimpin negara-negara OKI dalam pertemuan darurat membahas krisis Palestina di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11) waktu setempat. (VIA REUTERS/LEMBAGA PERS SAUDI)

Retno kemudian mengungkapkan, Abbas dalam pertemuan tersebut mengapresiasi dan sangat mengapresiasi konsistensi Indonesia dalam memberikan dukungan terhadap perjuangan Palestina.

Selain Abbas, Jokowi juga bertemu dengan Raja Abdullah II dari Yordania.

Yordania dan Indonesia, kata Retno, memiliki sikap yang sama terhadap persoalan Palestina termasuk dalam menyikapi bencana kemanusiaan yang terjadi di Gaza.

Presiden Republik Indonesia dan Raja Yordania menegaskan kembali tiga poin penting: gencatan senjata, bantuan kemanusiaan, dan pentingnya memulai kembali proses perdamaian menuju perdamaian. solusi dari dua situasi (solusi dua situasi),” pungkas Retno.

Jokowi juga melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk membahas masalah Palestina dan hubungan kedua negara.

(isa/asr)

[Gambas:Video CNN]