Berita Presiden Palestina Angkat Mohammad Mustafa Jadi Perdana Menteri

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Palestina Mahmud Abbas menunjuk Mohammed Mustafa, penasihat urusan ekonomi yang telah lama dipercaya, sebagai perdana menteri baru.

Meluncurkan AFP Mengutip kantor berita resmi Wafa, Kamis (14/3), penunjukan Mustafa terjadi kurang dari tiga minggu setelah pendahulunya, Mohammed Shtayyeh, mengundurkan diri.

Shtayyeh mengundurkan diri dari jabatannya karena dia melihat perlunya perubahan menyusul serangan Hamas pada 7 Oktober yang memicu perang dengan Israel di Gaza.


Mustafa kini ditugaskan membentuk pemerintahan baru untuk Otoritas Palestina, yang memiliki kekuasaan terbatas di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Pria berusia 69 tahun itu belajar di Universitas George Washington di Washington. Mustafa juga merupakan anggota komite eksekutif independen Organisasi Pembebasan Palestina – yang dikendalikan oleh gerakan Fatah yang berkuasa.

Mustafa terkenal menjabat sebagai wakil perdana menteri bidang ekonomi, menjabat di dewan Dana Investasi Palestina dan bekerja di beberapa posisi senior di Bank Dunia. Ia juga menjadi penasihat pemerintah Kuwait dan dana kekayaan negara Arab Saudi, Dana Investasi Publik.

Sejak tahun 2007, kendali atas wilayah Palestina telah terbagi antara Otoritas Palestina pimpinan Abbas di Tepi Barat dan Hamas di Jalur Gaza.

Mustafa terlibat dalam upaya rekonstruksi di Gaza setelah invasi Israel pada tahun 2014.

Perang Gaza saat ini meletus setelah militan Hamas menyerang Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, yang mengakibatkan kematian sekitar 1.160 orang, sebagian besar warga sipil.

Kementerian Kesehatan di Gaza menyatakan serangan balik militer Israel di Gaza telah menewaskan sedikitnya 31.341 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak.

Selama perang, kekerasan di Tepi Barat mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam dua dekade terakhir.

Kementerian Kesehatan di Ramallah mengatakan tentara dan pemukim Israel telah membunuh sedikitnya 430 warga Palestina di Tepi Barat sejak perang Gaza dimulai.

Amerika Serikat dan negara-negara lain menyerukan reformasi Otoritas Palestina untuk mengambil alih seluruh wilayah Palestina setelah perang berakhir.

Segera setelah pengunduran diri Shtayyeh pada akhir Februari, faksi-faksi Palestina termasuk Hamas dan Fatah bergabung dalam pembicaraan yang diselenggarakan oleh Rusia untuk membahas perang di Gaza dan rencana pascaperang.

Setelah itu, faksi-faksi tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan mengupayakan “kesatuan tindakan” dalam menghadapi Israel.

(sfr)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);