Berita Presiden Jokowi Terima Medali Kehormatan dari Palestina

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima medali kehormatan Kerah Besar Ordo Negara Palestina di Istana Negara, Senin (19/8).

Penghargaan tersebut diberikan Presiden Palestina Mahmoud Abbas melalui utusan khususnya yang datang menemui Jokowi langsung di Istana Merdeka.


“Sebuah medali kehormatan yang disebut Kerah Besar Tatanan Negara Palestina diserahkan oleh Presiden Mahmoud Abbas kepada Presiden Jokowi yang diserahkan oleh utusan khusus setelah pertemuan selesai,” kata Menlu RI. Warga Negara Indonesia, Retno Marsudi, dalam jumpa pers jelang perombakan kabinet di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (19/8).

Retno mengatakan, Presiden Abbas memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Jokowi atas konsistensi sikap Indonesia dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina.

Retno juga mengatakan, Presiden Abbas mengucapkan selamat kepada Jokowi atas peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-79 pada 17 Agustus lalu.

“Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi antara lain menyampaikan kejelasan mengenai konsistensi sikap Indonesia untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina. Indonesia juga akan terus mengadvokasi gencatan senjata, bantuan kemanusiaan tanpa hambatan, dan tentunya solusi dua negara,” kata Retno.

Terakhir, kata Retno, Jokowi menegaskan Indonesia akan terus melakukan pendekatan kepada negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk segera mengakui negara Palestina dan mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB.

(blq/dna)