Berita Presiden Filipina Bongbong Marcos Kirim Ucapan Selamat ke Prabowo

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Filipina Ferdinand “Bongbong” Marcos mengucapkan selamat kepada calon presiden nomor urut 02 Prabu Subiantoyang mendahului hasil sementara penghitungan suara Pilpres 2024.

Selamat kepada Menteri Pertahanan @prabowo yang memimpin penghitungan suara akhir Presiden Indonesia berikutnya, tulis Bongbong di akun X (sebelumnya Twitter).


Dalam unggahan tersebut, Bongbong juga menyampaikan harapannya terkait hubungan bilateral Indonesia dan Filipina ke depan.

“Saya berharap dapat memperkuat hubungan bilateral Filipina dengan Indonesia, tetangga dekat dan mitra di ASEAN,” lanjutnya.

Tahun ini, kata dia, Indonesia dan Filipina akan merayakan 75 tahun hubungan diplomatik.

Sebelumnya, pakar politik dari Universitas Filipina, Richard Heydarian, membandingkan kampanye Tiktok yang diusung Prabowo dengan kampanye Presiden Bongbong. Pakar mengatakan Indonesia akan memilih demokrasi ala Filipina.

“Di mana informasi palsu dan orang-orang berkuasa dianggap ‘lucu’ dengan tindakan-tindakan lucu, di mana hak asasi manusia diabaikan, di mana dinasti baru dan lama mendominasi seluruh sistem politik,” kata Heydarian.

Orang kuat yang berpenampilan “lucu” itu mengacu pada Prabowo, yang sering menari selama kampanye. Tindakannya ini membuatnya mendapat julukan imut atau imut.

Hingga kini, ucapan selamat disampaikan sejumlah pemimpin negara atas keunggulan Prabowo dalam hasil sementara berbagai lembaga survei dan penghitungan aktual KPU.

Diantaranya adalah Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, PM Malaysia Anwar Ibrahim, PM Australia Anthony Albanese, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, PM India Narendra Modi, dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

(dan/DNA)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);