Berita Prabowo Jumpa Zelensky, Bahas Bantuan ke Gaza hingga Isu Ukraina

by


Jakarta, Pahami.id

Menteri Pertahanan dan Presiden Republik Indonesia terpilih Prabu Subianto bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di sela-sela forum Dialog Shangri-La IISS 2024 di Singapura, Sabtu (1/6).

Sejumlah hal dibahas antara Prabowo dan Zelensky, mulai dari kerja sama pertahanan, bantuan kemanusiaan ke Gaza, Palestina, hingga kedaulatan Ukraina.

Salam dan apresiasi kepada Presiden Ukraina atas inisiatif pertemuan hari ini khususnya membahas masalah pertahanan, kata Prabowo seperti dikutip dalam keterangan resmi Kementerian Pertahanan RI.


Prabowo dan Zelensky menekankan pentingnya menjaga perdamaian dan keamanan internasional di tengah tantangan keamanan global dan regional saat ini. Keduanya sepakat perlunya mengadakan dialog damai dan mencari solusi melalui upaya diplomasi.

Dalam kesempatan itu, Prabowo dan Zelensky juga membahas masalah kemanusiaan, khususnya situasi di Gaza. Indonesia dan Ukraina sama-sama menekankan pentingnya memberikan bantuan kemanusiaan dan memastikan akses terhadap masyarakat yang terkena dampak di zona konflik.

Kedua belah pihak juga membuka peluang kerja sama di bidang industri pertahanan melalui transfer teknologi. Hal ini menunjukkan adanya keterbukaan antara Indonesia dan Ukraina dalam memperluas kerja sama.

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo juga menyatakan akan meningkatkan komitmen Indonesia dalam membangun hubungan pertahanan yang kuat dan saling menguntungkan dengan Ukraina.

Sementara itu, dalam keterangan resmi pemerintah Ukraina, Zelensky meminta Prabowo mendukung kedaulatan dan keutuhan wilayah Ukraina.

“Kami mengharapkan dukungan Indonesia terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah Ukraina,” kata Zelensky mengutip situs resminya pemerintah Ukraina.

Zelensky juga membahas kemajuan dalam penerapan Formula Perdamaian Ukraina, sebuah inisiatif yang ia mulai untuk membantu menyelesaikan situasi perang dan konflik di seluruh dunia.

Inisiatif tersebut berisi 10 poin, antara lain tentang radiasi dan keamanan nuklir, ketahanan pangan, keamanan energi, orang yang dideportasi, integritas wilayah Ukraina, militer Rusia, keadilan, perlindungan lingkungan, dan konfirmasi berakhirnya perang.

Formula Perdamaian ini disampaikan Zelensky pada KTT G20 di Indonesia tahun 2022.

Bersamaan dengan itu, Zelensky menyampaikan harapannya agar Indonesia dapat berpartisipasi dalam KTT Perdamaian Global yang akan diselenggarakan pada 15-16 Juni di resor Bürgenstock di Nidwalden, Swiss.

(blq/DAL)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);