Berita PP Muhammadiyah Pastikan Tarawih Malam ini, Puasa Mulai Besok

by


Jakarta, Pahami.id

muhammadiyah mulai melaksanakan salat tarawih malam ini, Minggu (10/3). Sedangkan puasa 1 Ramadan Tahun 1445 Hijriah jatuh pada hari Senin tanggal 11 Maret 2024.

“Iya. Malam ini saya di masjid al-Falah Benhil,” kata Sekjen Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti saat dikonfirmasi melalui pesan tertulis, Minggu (10/3).

Mu’ti mengimbau umat Islam untuk menunaikan puasa, salat tarawih, dan amalan Ramadhan lainnya dengan penuh ketakwaan, berharap keridhaan Allah.


“Soal perbedaan awal Ramadhan dengan ibadah lain seperti rakaat Tarawih, hendaknya kita saling menghormati,” ujarnya.

“Bagi masyarakat luas, kita harus menjaga situasi dan kondisi yang kondusif dengan tetap tenang dan saling menjaga agar umat Islam dapat beribadah dengan sebaik-baiknya,” lanjutnya.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada hari Senin tanggal 11 Maret 2024 dengan menggunakan metode perhitungan autentik.

Dirangkum dari berbagai sumber, hisab intrinsik merupakan metode perhitungan penanggalan Hijriah yang digunakan Muhammadiyah untuk menentukan awal bulan Ramadhan dan awal bulan Hijriah lainnya.

Metode ini didasarkan pada pergerakan benda-benda langit, terutama posisi Matahari dan Bulan yang sebenarnya dan tepat sebagaimana adanya.

Ada tiga kriteria awal bulan baru dengan prinsip menghitung kemunculan hilal. Pertama, adanya ijtima (kata penghubung) antara Bulan dan Matahari.

Kedua, ijtima terjadi sebelum matahari terbenam. Ketiga, saat matahari terbenam dan bulan belum terbenam atau masih berada di atas ufuk.

Artinya Ramadhan versi Muhammadiyah biasanya berbeda satu hari dengan hasil rukyat dan keputusan pemerintah.

Sementara itu, Nahdlatul Ulama (NU) dan pemerintahan baru akan menentukan kapan tanggal 1 Ramadhan 1445 H setelah melalui sidang isbat yang digelar pada akhir sore ini, Minggu (10/3).

(ryn/arh)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);