Berita PM Palestina Ungkap Alasan Mundur di Tengah ‘Tekanan’ AS soal Gaza

by


Jakarta, Pahami.id

Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh buka suara soal alasannya mengundurkan diri pada Senin (26/2).

Saat mengumumkan pengunduran dirinya kepada wartawan di Ramallah, Stayyeh mengatakan keputusannya diambil karena “eskalasi yang belum pernah terjadi sebelumnya” di Tepi Barat dan Yerusalem.


Selain itu, Shtayyeh juga menggambarkan “perang, pembantaian dan kelaparan di Jalur Gaza” dalam pengumuman pengunduran dirinya.

Shtayyeh menyatakan bahwa ada upaya untuk membuat pemerintahan dan keamanan (Otoritas Palestina) tanpa pengaruh politik.”

“Dan Otoritas Palestina akan terus berjuang untuk mendirikan negara di tanah Palestina meskipun ada pendudukan (Israel),” kata Shtayyeh seperti dikutip. Al Jazeera.

Dalam kesempatan itu, Shtayyeh juga mengatakan bahwa dirinya memutuskan mundur agar bisa dicapai kesepakatan luas di kalangan masyarakat Palestina mengenai tatanan politik pasca invasi Israel yang terjadi di Jalur Gaza.

Dikutip ReutersPengunduran diri Shtayyeh terjadi ketika tekanan Amerika Serikat terhadap Presiden Palestina Mahmoud Abbas terus meningkat untuk mengganggu stabilitas Otoritas Palestina seiring dengan semakin meluasnya dukungan internasional terhadap gencatan senjata di Gaza.

Dalam kesempatan itu, Shtayyeh juga meminta Palestina segera menerapkan “langkah politik dan pemerintahan baru” di tengah perang yang sedang berlangsung di Gaza.

“Tahap selanjutnya dan tantangannya memerlukan pemerintah baru dan langkah-langkah politik yang mempertimbangkan realitas baru di Jalur Gaza,” kata Shtayyeh. AFP.

Shtayyeh kembali menyerukan konsensus di antara kelompok politik Palestina dan “perluasan wewenang Otoritas Palestina di seluruh tanah Palestina.”

(rds)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);