Berita PM India Modi Akan Bangun Kuil Hindu Megah di Lahan Bekas Masjid

by


Jakarta, Pahami.id

Perdana Menteri India Narendra Modi akan meresmikan Pura Hindu yang megah di atas tanah bekas Masjid.

AFP melaporkan bahwa Kuil Ram Mandir setinggi 50 meter untuk Dewa Ram dibangun di atas tanah di kota Ayodhya, tempat sebuah masjid berdiri selama beberapa dekade.

Masjid yang berusia puluhan tahun tersebut adalah Masjid Babri yang didirikan oleh Kaisar Mughal pertama India pada abad ke-16.


Masjid Babri kemudian dibongkar pada tahun 1992 oleh kelompok fanatik Hindu yang dihasut oleh anggota Partai Bharatiya Janata pimpinan Modi.

Pembongkaran Masjid Babri kemudian memicu kerusuhan agama terburuk di India sejak negara itu merdeka. Sebanyak 2.000 orang yang sebagian besar beragama Islam tewas dalam peristiwa tersebut.

Bagi Partai Bharatiya Janata (BJP), pembukaan kuil Ram Mandir merupakan momen penting dalam kampanye India untuk menyelaraskan pemerintahan negara itu dengan agama mayoritas, Hindu.

“Saya beruntung bisa menjadi saksi pada kesempatan baik ini,” kata Modi pekan lalu, saat mengumumkan bahwa ia akan memulai puasa 11 hari sebelum pembukaan kuil.

“Tuhan telah menjadikan saya instrumen untuk mewakili seluruh rakyat India,” lanjutnya.

Sejak merebut kekuasaan 10 tahun lalu, Modi dan BJP telah berupaya mengedepankan agama Hindu dalam kehidupan India.

Tokoh-tokoh partai sering mengecam era pemerintahan Islam sebelumnya, mencapnya sebagai masa “perbudakan” dan penindasan terhadap agama mereka sendiri.

Oleh karena itu, kota Ayodhya menjadi kunci kampanye mereka.

Pembangunan Ram Mandir memakan biaya sekitar 240 juta USD atau setara Rp3,7 triliun. Menurut pendukungnya, seluruh dana pembangunan berasal dari iuran masyarakat.

Namun, meski sebagian besar penduduk India menantikan pembukaan kuil tersebut, komunitas Muslim di Ayodhya merasa hal itu akan membawa kembali kenangan buruk akan kekerasan yang terjadi di India beberapa dekade lalu.

(blq/dna)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);