Berita PM Belanda Mark Rutte Twitwar dengan Penerus, Bela Wali Kota Amsterdam

by


Jakarta, Pahami.id

Perdana Menteri Belanda Tandai Rutte terlibat ‘twitwar’ atau saling serang adu argumen di platform media sosial X dengan PM penggantinya, Geert Wilders.

Dalam postingan di X (dulu Twitter), Rutte terlihat menanggapi cuitan Wilders yang mengomentari aksi sejumlah orang yang datang ke upacara pembukaan Museum Holocaust di Amsterdam, Minggu (10/3).


Wilders mengatakan sejumlah orang yang hadir pada pembukaan museum peringatan Holocaust berperilaku memalukan dengan meneriakkan slogan-slogan anti-Semit. Ia kemudian menuding aksi tersebut merupakan aksi politik yang diduga dipimpin Wali Kota Amsterdam, Femke Halsema.

Halsema selalu menyatakan penolakannya terhadap agresi Israel terhadap Palestina.

“Sangat disayangkan bahwa orang-orang yang kemarin di Amsterdam meneriakkan slogan-slogan anti-Semit, meneriakkan bahwa mereka adalah teman Hamas, menyerbu mobil polisi, menganiaya anak-anak Yahudi, mengibarkan bendera palsu dan mengejek para pemimpin negara sahabat, kini berada di ambang kehancuran. pembukaan. Upacara Museum Holocaust,” tulis Wilders di X, Senin (11/3).

“Ini serupa dengan tindakan politik Wali Kota Amsterdam yang beraliran kiri ekstrem. Tidak bertanggung jawab,” sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Rutte pun membela walikotanya dengan mengatakan bahwa segala urusan politik akan ditinggalkan jika menyangkut ketertiban umum.

Rutte menegaskan, pembukaan Museum Holocaust digelar dengan harapan kemajuan damai.

“Kita semua berharap pembukaan Museum Nasional Holocaust kemarin berlangsung damai. Tapi satu hal yang pasti: jika menyangkut ketertiban umum, walikota kita tidak terlibat dalam politik,” kata Rutte.

Wilders merupakan pemimpin sayap kanan Belanda yang akan segera menjadi pemimpin baru setelah partainya, Partai Kebebasan (PVV), memenangkan pemilu November 2023. Wilders belum membentuk pemerintahan.

Partai-partai utama di Tanah Air masih berusaha berkoalisi dan melakukan pertemuan untuk menyepakati beberapa hal, termasuk kerja sama.

(blq/rds)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);