Berita PKS Resmi Usung Sohibul Iman Sebagai Calon Gubernur Jakarta

by


Jakarta, Pahami.id

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan mereka mencalonkan Wakil Ketua Majelis Syuro Mohammad Sohibul Iman sebagai calon gubernur Daerah Khusus Jakarta pada pemilihan gubernur jakarta November mendatang.

Juru Bicara PKS, Ahmad Mabruri mengatakan, Dewan Pimpinan Partai (DPP) sudah sepakat mencalonkan Sohibul Iman.

“Sebagai partai pemenangan di Jakarta, PKS memutuskan untuk memperjuangkan kader terbaiknya sebagai Calon Gubernur DK Jakarta,” kata Mabruri dalam siaran resminya, Minggu (23/6).


Ia kemudian mengatakan, “Calon yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan UKM.”

Mabruri menjelaskan, Sohibul Iman memiliki integritas dan kapasitas yang cukup.

Lebih lanjut, dia mengatakan, PKS di bawah kepemimpinan Sohibul mencatatkan peningkatan suara dan kursi di parlemen yang signifikan. Dari 40 kursi pada 2014, menjadi 50 kursi pada pemilu periode berikutnya.

Pada pemilu 2014, PKS meraih sekitar 8,46 juta suara atau 6,77 persen. Kemudian pada kontestasi politik berikutnya, partai ini memperoleh 11,49 juta suara atau 8,21 persen.

Artinya beliau telah membuktikan kepemimpinannya dalam membawa UKM ke jenjang berikutnya. Beliau juga mempunyai rekam jejak yang panjang di dunia politik, tambah Mabruri.

Sohibul Iman terpilih tiga kali menjadi Anggota DPR pada 2009-2014, 2014-2019, dan 2024-2029. Ia juga menjabat Wakil Ketua DPR RI.

Sebelum terjun ke dunia politik, Sohibul Iman juga terkenal sebagai teknokrat dan ulama. Ia sudah lama berkecimpung di bidang teknologi di Badan Penelitian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kementerian Riset dan Teknologi.

Tak hanya itu, ia pernah memimpin Universitas Paramadina sebagai Rektor, dan memimpin berbagai lembaga nirlaba yang fokus pada pengembangan inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia strategis.

Pak Sohibul Iman adalah sosok yang tepat untuk memimpin Jakarta. Beliau merupakan perpaduan antara birokrat yang handal, politikus yang mumpuni, dan intelektual yang disegani di dunia pendidikan, kata Mabruri.

Nama Sohibul Iman memang jarang terdengar sebagai calon gubernur Jakarta. Sebelumnya, DPW PKS DKI Jakarta bahkan mengusulkan Anies Baswedan untuk ikut serta dalam pilkada ini.

Sejumlah pengamat juga menilai PKS, PKB, dan NasDem punya cukup suara untuk mendukung Anies. Selain itu, nama Anies lebih menonjol di beberapa lembaga penelitian, dibandingkan Sohibul Iman.

(isa/wis)