Berita Pimpinan DPR 2024-2029 Resmi Ditetapkan, Puan Kembali Jadi Ketua

by


Jakarta, Pahami.id

Lima anggota dewan resmi dilantik menjadi pimpinan DPR (DPR) RI periode 2024-2029. Ketua DPP PDIP Nyonya Permaisuri kembali menjabat sebagai ketua.

Sedangkan Wakil Pimpinan DPR adalah Adies Kadir dari Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Gerindra, Saan Mustopa dari NasDem, dan Cucun Syamsurijal dari PKB.

“Apakah bisa disetujui dan dilaksanakan sebagai ketua dan wakil ketua DPR RI masa jabatan 2024-2029, saya mohon pendapatnya, setuju?” kata Plt Ketua DPR Guntur Sasono dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).


“Setuju,” jawab seluruh anggota dewan yang hadir.

Ketentuan mengenai susunan pimpinan DPR diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, dan DPD atau UU MD3.


Berdasarkan undang-undang tersebut, pimpinan DPR terdiri dari seorang pemimpin dan empat wakil ketua.

Undang-undang tersebut juga mengatur bahwa Ketua DPR adalah anggota DPR yang berasal dari partai politik yang memperoleh kursi DPR terbanyak pertama.

Sedangkan Wakil Pimpinan DPR merupakan anggota DPR yang berasal dari partai politik peraih kursi terbanyak kedua, ketiga, keempat, dan kelima.

Berikut daftar pimpinan DPR 2024-2029:

Ketua:

Puan Maharani dari Fraksi PDI-Perjuangan

Wakil Ketua:

Adies Kadir dari suku Golkar
Sufmi Dasco Ahmad dari Suku Gerindra
Saan Mustopa dari Fraksi NasDem
Cucun Syamsurijal dari marga PKB.

Sebelumnya, fraksi-fraksi yang ditetapkan di DPR antara lain Fraksi PDI-Perjuangan, Fraksi Golongan Karya, Fraksi Gerindra, dan Fraksi NasDem.

Kemudian Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Fraksi Partai Amanat Nasional, dan Fraksi Partai Demokrat.

Sebanyak 580 anggota DPR RI periode 2024-2029 dilantik dalam Rapat Paripurna untuk diambil sumpah jabatan hari ini.

Ratusan anggota dewan tersebut terdiri dari delapan partai politik yakni PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, PAN, Demokrat, NasDem, dan PKS.

(thr/mab/fra)