Berita Perdana Menteri Georgia Irakli Garibashvili Mengundurkan Diri

by


Jakarta, Pahami.id

Perdana Menteri Georgia Irakli Garibashvili mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya pada Senin (29/1). Menurut Garibashvili, keputusan itu berdasarkan diskusi dengan timnya di pemerintahan.

“Saya ingin menginformasikan kepada publik mengenai keputusan yang kami diskusikan dengan tim. Hari ini, saya akan meninggalkan jabatan perdana menteri,” kata Garibashvili dalam pengarahan di ibu kota Tbilisi, seperti dikutip dari AFP. AnatoliaSenin (29/1).

Garibashvili, yang telah menjabat selama lima tahun dalam dua periode terpisah, mengatakan dia ditawari jabatan ketua dewan politik partai berkuasa Georgian Dream.


Hal ini pula yang menjadi alasan di balik keputusannya mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Georgia. Ia menyatakan kongres partai Georgian Dream akan digelar pada 1 Februari 2024.

“Saya tidak akan menyembunyikannya dari Anda, di dewan politik, saya membahas kemungkinan untuk tetap menjabat pada musim panas, sebelum dimulainya kampanye pemilu, namun saya memilih untuk membuat keputusan ini sekarang,” kata Garibashvili.

Dia mengatakan penting bagi perdana menteri berikutnya untuk mewakili timnya dan membentuk pemerintahan baru tepat waktu.

Sebelumnya, media Georgia memberitakan bahwa Irakli Kobakhidze, ketua Georgian Dream saat ini, akan menggantikan Garibashvili menyusul keputusan dewan politik partai tersebut pada 24 Januari.

(Wow)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);