Berita Peran Susanti di Upin & Ipin bagi RI sampai Israel vs Hizbullah Panas

by

Daftar isi



Jakarta, Pahami.id

Tokoh Susanti dalam serial kartun Upin & Ipin disebut-sebut memiliki peran yang sangat signifikan dalam hubungan Malaysia dan Indonesia.

Sementara itu, situasi konflik antara Israel dan kelompok Hizbullah Lebanon semakin memanas, setelah komandan senior mereka tewas dalam serangan Zionis.

Berikut rangkumannya dalam International Flash hari ini, Jumat (5/7).


Pakar asal Malaysia Ungkap Peran Utama Susanti di Upin & Ipin untuk RI

Tokoh Susanti dalam serial kartun Upin & Ipin digambarkan sebagai gadis berusia 5 tahun asal Jakarta yang pindah ke negeri jiran.

Kehadiran Susanti menarik perhatian, karena sifatnya yang ramah dan baik hati, sesuai dengan karakter masyarakat Indonesia.

Menurut dosen Seni Budaya dan Koordinator Penulisan Sekolah Tinggi Seni Kreatif UiTM Selangor Malaysia, Nor’Anira Haris, karakter Susanti memiliki peran yang sangat signifikan dalam hubungan Malaysia dan Indonesia.

Itulah yang melatarbelakangi terciptanya karakter ini. Susanti merupakan simbol persahabatan Malaysia dan Indonesia, kata Anira kepada CNNIndonesia.com, Selasa (2/7).

Kementerian Luar Negeri RI buka suara terkait kasus asusila Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari terhadap anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Den Haag, Belanda.

Kepala Biro Pendukung Strategis Kementerian Luar Negeri Rolliansyah (Roy) Soemirat mengatakan, anggota PPLN yang menjadi korban bukanlah seorang diplomat.

“Beberapa media memberitakan bahwa anggota PPLN Den Haag yang disebut-sebut dalam kasus asusila Ketua KPU Hasyim Asy’ari adalah seorang diplomat,” kata Roy dalam kesaksiannya, Kamis (4/7).

“Perlu kita luruskan dan berikan penjelasan bahwa oknum yang terlibat bukanlah diplomat Indonesia, dan bukan pegawai Kementerian Luar Negeri atau KBRI Den Haag,” imbuh Roy.

Roy menjelaskan, korban yang dimaksud merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Belanda. Dia merupakan anggota PPLN Den Haag saat kejadian terjadi.

Kelompok milisi Hizbullah menembakkan ratusan roket ke Israel setelah komandan senior mereka tewas dalam serangan Zionis di Lebanon selatan.

Hizbullah pada Rabu (3/7) mengumumkan bahwa Muhammad Nimah Nasser atau dikenal sebagai Haji Abu Naameh tewas akibat serangan Israel. Hizbullah tidak mengatakan di mana Nasser meninggal.

Namun sumber mengatakan kepada Al Jazeera bahwa seorang komandan Hizbullah terbunuh di kota Tirus. Sebuah sumber yang dekat dengan Hizbullah juga mengonfirmasi kepada AFP bahwa Nasser terbunuh di kota tersebut.

Tak lama setelah pengumuman tersebut, milisi yang didukung Iran menembakkan 100 roket Katyusha ke pangkalan militer Israel.

(tim/dna)