Berita Penghitungan Suara Pemilu Pakistan Alami Kendala Usai Serangan Bom

by


Islamabad, Pahami.id

Menghitung suara yang masuk Pakistan Usai pemilu yang digelar pada Kamis (8/2), muncul permasalahan yang tidak biasa dan berlarut-larut pasca penyerangan tersebut bom pada Rabu (7/2) malam.

Hal ini menyebabkan panel pemilu nasional mengeluarkan peringatan larut malam kepada petugas pemungutan suara, 10 jam setelah pemungutan suara ditutup, untuk segera mengumumkan hasilnya.

Pemilu Pakistan telah dirusak oleh serangan-serangan militan dan penutupan layanan telepon seluler tanpa indikasi jelas siapa pemimpinnya beberapa jam setelah pemilu berakhir.


Pakistan sedang berjuang untuk pulih dari krisis ekonomi yang menghancurkan, sementara negara tersebut bergulat dengan meningkatnya kekerasan militan di lingkungan politik yang sangat terpolarisasi.

“Masalah internet” adalah alasan di balik penundaan tersebut,” kata Zafar Iqbal, sekretaris khusus Komisi Pemilihan Umum Pakistan (ECP), setelah mengumumkan hasil resmi pertama di daerah pemilihan, lebih dari sepuluh jam setelah proses pemungutan suara berakhir. Reuters.

Pertarungan pendahuluan diperkirakan akan terjadi antara kandidat yang didukung oleh mantan Perdana Menteri Imran Khan yang dipenjara, yang partainya memenangkan pemilu nasional terakhir, dan Liga Muslim Pakistan yang dipimpin oleh mantan perdana menteri Nawaz Sharif, yang menurut para analis didukung oleh militer yang kuat.

Dengan perhitungan yang terus dilakukan sepanjang malam, gambaran jelas kemungkinan akan muncul pada Jumat pagi ini (9/2).

Hasil yang diproyeksikan di semua saluran televisi lokal adalah jumlah pemilih yang sangat lambat. Pada pemilu-pemilu sebelumnya, pada tengah malam waktu setempat di hari pemilu, sudah terlihat jelas partai mana yang diuntungkan secara signifikan.

Namun, sebagian besar proyeksi saluran televisi berada di bawah 20% untuk masing-masing 265 kursi yang diperebutkan.

“Komisi Pemilihan Umum telah memerintahkan seluruh komisioner pemilihan daerah dan petugas yang kembali untuk mengumumkan semua hasil dalam waktu setengah jam atau tindakan tegas akan diambil,” kata pernyataan risalah ECP sebelum mengumumkan hasil resmi pertamanya.

Dewan Legislatif Negara Bagian memiliki 265 kursi dan pemungutan suara untuk satu kursi ditunda setelah kematian seorang kandidat. Sebuah partai membutuhkan 133 kursi untuk mendapatkan mayoritas sederhana, namun banyak analis yakin pemungutan suara tersebut mungkin tidak menghasilkan pemenang yang jelas.

Sharif, yang dianggap oleh banyak analis sebagai kandidat kuat, menampik pembicaraan mengenai hasil yang tidak meyakinkan.

“Jangan bicara mengenai pemerintahan koalisi. Sangat penting bagi pemerintah untuk mendapatkan mayoritas yang jelas… Pemerintah tidak boleh bergantung pada partai lain,” katanya kepada wartawan setelah memberikan suaranya di kota Lahore di bagian timur.

Ribuan tentara dikerahkan di jalan-jalan dan tempat pemungutan suara di seluruh negeri dan perbatasan, sementara Iran dan Afghanistan ditutup sementara karena keamanan ditingkatkan untuk memastikan pemungutan suara yang damai.

Meski pengamanan ditingkatkan, sembilan orang, termasuk dua anak-anak, tewas dalam ledakan bom, serangan granat, dan tembakan.

Sedikitnya 26 orang tewas dalam dua ledakan di kantor kandidat pemilu di provinsi barat daya Balochistan pada hari Rabu. ISIS kemudian mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);