Berita Pemutihan Kabinet China, Xi Jinping Pecat Bos Peneliti Roket Terkemuka

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Xi Jinping mengusir pemimpin penelitian roket terkemuka, Wang Xiaojun, dari keanggotaan Konferensi Permusyawaratan Politik Rakyat Cina (CPPCC) yang merupakan salah satu lembaga politik utama pemerintah.

Pemecatan Wang menambah daftar panjang pejabat yang dipecat dari keanggotaan Partai Komunis Tiongkok dan menduduki jabatan pemerintahan di tengah pemecatan Xi dalam beberapa bulan terakhir.


Dikutip oleh kantor berita Xinhua pada Selasa (30/1), Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok memberhentikan Wang Xiaojun sebagai anggota pada pertemuannya pada 29 Januari. Namun kantor berita tersebut tidak menjelaskan alasan pemecatan tersebut.

Wang mengepalai China Academy of Launch Vehicle Technology dari Juni 2019 hingga setidaknya pertengahan tahun 2023.

Lembaga ini berafiliasi dengan China Aerospace Science and Technology dan mengklaim sebagai pangkalan tertua dan terbesar untuk pengembangan, pengujian, dan produksi senjata rudal serta kendaraan peluncuran di negara Tirai Bambu tersebut.

Beberapa pengamat mengatakan pemecatan Wang dari CPPCC menandai tanda terbaru dari kerusuhan di lembaga pertahanan Tiongkok yang lebih luas.

Selama enam bulan terakhir, Xi Jinping telah memecat setidaknya 16 tokoh senior militer, termasuk pejabat pertahanan.

Dikutip Selat Timesalasan pemecatan seluruh perwira tersebut tidak pernah dijelaskan, namun terjadi di tengah laporan penyelidikan korupsi di militer Tiongkok.

Wang, yang memperoleh gelar doktor di bidang mesin roket dari Universitas Nasional Teknologi Pertahanan, telah menerima banyak penghargaan atas kontribusinya pada sektor luar angkasa.

Dalam sebuah opini yang diterbitkan oleh People’s Daily milik Partai Komunis pada bulan Februari, Wang berjanji bahwa lembaganya akan “menumbuhkan semangat kesetiaan” dan “lebih bersatu” dalam melayani Partai Komunis dan pemerintahan Xi Jinping.

(rds)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);