Berita Pemimpin G7 Dukung Penuh Proposal Gencatan Senjata Biden

by


Jakarta, Pahami.id

Para pemimpin negara-negara Kelompok Tujuh (G7) mendukung penuh usulan gencatan senjata yang diajukan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

“Kami menegaskan kembali dukungan kami terhadap jalur perdamaian yang kredibel menuju solusi dua negara,” tulis para pemimpin G7 dalam pernyataan resmi, seperti dikutip dari Agensi AnadoluSenin (3/6).


Selain itu, para pemimpin negara G7 juga menekankan berbagai tuntutan yang tertuang dalam proposal gencatan senjata Biden.

“Kami mendorong pembebasan seluruh sandera, peningkatan bantuan kemanusiaan yang signifikan dan berkelanjutan untuk didistribusikan ke seluruh Gaza, dan diakhirinya krisis secara abadi, dengan terjaminnya kepentingan keamanan Israel dan keamanan warga sipil Gaza,” ujarnya.

Sebelumnya, Biden mengusulkan gencatan senjata untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina.

Dalam usulan tersebut terdapat tiga fase antara lain gencatan senjata, pembebasan sandera dari kedua belah pihak, dan rekonstruksi Gaza.

Menanggapi keinginan Biden, para pemimpin G7 mendukung rencana tersebut dan mendorong Hamas untuk menyetujui proposal tersebut.

“Kami menyerukan Hamas untuk menerima perjanjian ini, dan Israel siap untuk bergerak maju, dan kami menyerukan kepada negara-negara yang memiliki pengaruh terhadap Hamas untuk membantu memastikan mereka melakukan hal tersebut,” tambahnya.

Negara-negara G7 merupakan kumpulan negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, dan Perancis. Kelompok ini sering membahas isu-isu global di bidang ekonomi dan keamanan.

Selain itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Israel juga disebut mendukung rencana tersebut.

Namun, belum ada tanggapan lebih lanjut dari Hamas terkait usulan gencatan senjata yang diajukan Biden.

(val/bac)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);