Berita Pelaku Racun Sianida yang Tewas di Bangkok Ngaku Istri Miliarder Dubai

by


Jakarta, Pahami.id

Salah satu korban meninggal di Grand Hyatt Erawan Hotel, BangkokThailand pernah mengaku sebagai istri jutawan asal Dubai, Uni Emirat Arab.

Sherine Chong, salah satu dari enam korban meninggal akibat diduga meminum sianida dari cangkir teh di suite hotel tersebut, diketahui sedang bepergian dan mengaku sebagai istri jutawan asal Dubai.


Chong didampingi oleh Tran Dinh Phu (37), seorang wanita yang disewa khusus oleh Sherine Chong untuk menemaninya berkunjung ke Bangkok, Thailand. Chong membayar Phu sekitar US$5.000 atau setara Rp81 juta. Keduanya merupakan warga negara Vietnam.

Keduanya ditemukan tewas oleh petugas kebersihan di kamar tempat mereka menginap pada Selasa (16/7) siang. Polisi Thailand langsung merilis foto dan identitas korban keesokan harinya.

Meluncurkan Saluran Berita Asia, polisi menyimpulkan kemungkinan besar itu adalah pembunuhan-bunuh diri. Chong (56) diyakini sebagai pelaku kejahatan tersebut.

Chong disebut-sebut telah membujuk beberapa orang dalam kelompoknya untuk berinvestasi membangun rumah sakit di Jepang. Namun mereka justru kehilangan sekitar 10 juta mandan atau setara Rp 4,4 miliar.

Konflik pun terjadi, semua pihak yang terlibat dan dirugikan sepakat untuk bertemu di Bangkok dengan niat awal untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Keenam korban yakni Dang Hung Van (55) dan Chong sama-sama memiliki kewarganegaraan ganda AS.

Selain Phu yang merupakan warga negara Vietnam, tiga orang lainnya adalah Nguyen Thi Phuong Lan (47), Pham Hong Thanh (49), dan Nguye Thi Phuong (46). Beberapa keluarga korban telah terbang ke Bangkok untuk membawa pulang jenazah.

Orang tua Phu, salah satu korban tewas, mengatakan Phu sering bepergian ke Bangkok. Ibunya merasa sangat kehilangan dan sedih ketika mengetahui putranya telah tiada.

“Saya tidak percaya anak saya meninggal. Saya tidak bisa membayangkan perjalanan kerjanya adalah yang terakhir dan saya tidak akan bisa melihatnya lagi,” ujarnya.

Phu telah bekerja untuk Chong selama beberapa tahun terakhir. Phu juga dikenal sebagai Phu Gia Gia, seorang penata rias terkenal di kota Da Nang.

(tst/harapan)