Berita Pejabat Tinggi Keamanan Rusia Datangi Kim Jong Un di Korut, Bahas Apa?

by


Jakarta, Pahami.id

Korea Utara Dan Rusia menegaskan kembali komitmennya terhadap kerja sama keamanan pada pertemuan antara para pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Sergei Shoigu.

Media pemerintah Korea Utara KCNA menyebutkan pertemuan Kim dengan Shoigu terjadi di Korea Utara pada Sabtu (14/9) waktu setempat.


KCNA mengatakan Kim dan Shoigu melakukan “pertukaran pandangan luas mengenai situasi regional dan internasional”. Keduanya juga mencapai kesepakatan dalam berbagai isu, termasuk kerja sama untuk membela kepentingan keamanan bersama.

Dilaporkan ReutersKim juga menegaskan, Korea Utara akan terus memperluas kerja sama dengan Rusia, sejalan dengan kemitraan strategis kedua negara.

Sejauh ini Amerika Serikat, Ukraina dan negara-negara lain mencurigai Kim membantu Rusia dalam invasi ke Ukraina. Bantuan tersebut berupa pengiriman roket dan rudal, sebagai imbalan atas bantuan ekonomi dan militer dari Moskow.

Moskow dan Pyongyang membantah tuduhan tersebut. Namun kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama militer dan menandatangani kemitraan strategis pada pertemuan puncak Juni lalu.

Dalam pertemuan hari ini, Shoigu yang sebelumnya menjabat sebagai menteri pertahanan Rusia juga menegaskan hubungan yang lebih erat antara Korea Utara dan Rusia.

Dalam kunjungannya pada Juli 2023, Shoigu juga hadir untuk menyaksikan parade militer Korea Utara yang menampilkan rudal dan drone berkemampuan nuklir.

Ia juga menjadi pejabat tinggi pertahanan Rusia pertama yang mengunjungi Korea Utara sejak pecahnya Uni Soviet pada tahun 1991.

(Dna)