Berita PDIP Siapkan 3 Menteri Maju Pilkada Jatim: Risma, Azwar Anas, Pramono

by


Jakarta, Pahami.id

Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto mengaku sudah menyiapkan tiga nama menteri di pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, yakni Menteri Sosial. Tri RismahariniMenpan-RB Azwar Anas dan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung untuk maju di Pilkada Jatim 2024.

Misalnya di antara menteri ada Puan Risma, ada Pak Abdullah Azwar Anas, ada Pak Pramono Anung. Ini yang bestseller, ada yang promosi di Jakarta, ada pula yang proposal. di Jatim,” kata Hasto di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (29/6).

Tak hanya di tingkat menteri, Hasto juga mempersiapkan kadernya yang merupakan pemimpin daerah petahana untuk bersaing di Pilkada Jatim. Antara lain Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani hingga Bupati Trenggalek Nur Arifin hingga Bupati Sumenep Nur Fauzi untuk Pilgub Jatim.


Kata dia, saat ini PDIP masih berupaya menjalin kerja sama dengan parpol lain di Jatim seperti PKB dan Gerindra.

Meski begitu, kata Hasto, keputusan calon yang akan diusung ke PDIP akan diumumkan pada waktunya.

“Ini proses yang sangat dinamis. Jadi partai terus mendorong kader-kader internal partai untuk maju,” ujarnya.

Di sisi lain, Hasto memastikan PDIP akan tetap mengusung pasangan Eri Cahyadi-Armuji di Pilwalkot Surabaya 2024.

Karena PDIP nyaman bekerja sama tanpa manipulasi, maka banyak mitra yang bertahan, karena nyaman bekerja sama dengan PDIP, ujarnya.

PDIP sendiri memiliki 21 kursi di DPRD Jatim hasil pemilu 2024, sehingga PDIP tidak bisa mengusung calon gubernur sendiri dan harus berkoalisi dengan partai lain di Pilkada Jatim.

(rzr/tidak)