Berita PBB Murka Israel Mau Usir Warga Palestina dari Gaza

by


Jakarta, Pahami.id

Persatuan negara-negara (PBB) marah dengan wacana tersebut Israel yang ingin mengusir penduduk Palestina dari Jalur Gaza.

Kepala Hak Asasi Manusia PBB Volker Turk mengatakan dia “sangat terganggu” dengan pernyataan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir yang mempromosikan “solusi untuk mendorong migrasi warga Gaza”.

“Sangat terganggu dengan pernyataan beberapa pejabat tinggi Israel mengenai rencana pemindahan warga sipil dari Gaza ke negara ketiga,” kata Turk di X, Kamis (4/1) seperti dikutip AFP.


Ia menambahkan, “Hukum internasional melarang pemindahan paksa orang-orang yang dilindungi ke dalam atau pengusiran dari wilayah pendudukan.”

Komentar Turki juga muncul sehari setelah Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich melontarkan pernyataan serupa kepada Ben Gvir, bahwa Israel harus “mendorong” sekitar 2,4 juta warga Palestina untuk meninggalkan Gaza.

Selain PBB, beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Belanda juga mengecam keras rencana pengusiran warga Gaza.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan pernyataan Ben Gvir dan Smotrich “sangat menghasut dan tidak bertanggung jawab.”

“Retorika ini sangat menghasut dan tidak bertanggung jawab. Kami telah diberitahu berulang kali dan konsisten oleh Pemerintah Israel, termasuk Perdana Menteri, bahwa pernyataan ini tidak mewakili kebijakan Israel. Pernyataan tersebut harus segera dihentikan,” demikian pernyataan Departemen Luar Negeri AS.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Belanda mengkritik rencana tersebut karena tidak mengikuti solusi dua negara yang ingin dicapai masyarakat dunia.

“Hal ini tidak sesuai dengan solusi dua negara di masa depan, yaitu negara Palestina yang dapat hidup berdampingan dengan Israel dengan aman,” ujar Kementerian Luar Negeri Belanda dalam pernyataannya, seperti dikutip. Agensi Anadolu.

Pemerintahan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dilaporkan mulai serius dengan “relokasi” warga Gaza ke negara lain.

Koalisi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu diam-diam menjajaki pengiriman ribuan migran dari Gaza, dengan Republik Demokratik Kongo menjadi salah satu negara yang dipertimbangkan.

Israel terus melanjutkan invasi brutalnya ke Gaza sejak dimulai pada 7 Oktober.

Otoritas kesehatan Palestina di Gaza melaporkan lebih dari 22 ribu orang tewas, mayoritas di antaranya adalah perempuan dan anak-anak.

(blq/dna)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);