Berita Paus Fransiskus Tinggalkan Bandara Menumpang Innova Zenix Putih

by


Jakarta, Pahami.id

Pemimpin agama Katolik di seluruh dunia dan kepala negara Vatikan Paus Fransiskus meninggalkan Bandara Soekarno-Hatta, Indonesia, setelah mendarat.

Paus dan rombongan mendarat di bandara sekitar pukul 11.25 WIB. Usai acara penyambutan, ia langsung meninggalkan bandara menggunakan mobil Innova Zenix biasa berwarna putih.


Mobil tersebut dilengkapi pelat nomor SCV1 dan menampilkan bendera Indonesia dan Vatikan.

Setelah meninggalkan bandara, Paus menuju Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta untuk beristirahat. Kedutaan juga merupakan kediaman kepala agama Katolik.

Usai turun dari pesawat, Paus menuju ruang VVIP di terminal 3. Di sana, ia disambut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Piero Pioppo, dan Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia. Gandi Sulistiyanto.

Turut hadir Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo, Ketua Konferensi Waligereja Katolik Indonesia, Antonius Subianto Bunyamin, dan Ketua Panitia Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia, Ignatius Jonan.

Paus telah terbang dari Roma, Italia pada hari sebelumnya, Senin. Dia akan berada di Indonesia selama tiga hari, 3-6 September.

Pada 4 September, Paus akan bertemu Presiden Indonesia Joko Widodo dan sejumlah tokoh agama di Istana Merdeka, Jakarta.

Pada hari yang sama, Paus akan menghadiri pertemuan dengan siswa sekolah pelatihan Scolas Occurentes di Grha Pemuda, Jakarta.

Kemudian pada 5 September, Paus akan mengunjungi Masjid Istiqlal dan kantor Konferensi Waligereja Katolik Indonesia (KWI). Ia juga akan menghadiri Perayaan Ekaristi di Gelora Bung Karno (GBK).

Selepas dari Indonesia, Paus akan melanjutkan perjalanan ke Papua Nugini, lalu ke Timor Leste hingga Singapura.

Paus Fransiskus merupakan Paus ketiga yang mengunjungi Indonesia. Kunjungan pertama dilakukan oleh Paulus VI pada tanggal 3-4 Desember 1970 dan Paus Santo Yohanes Paulus II pada tanggal 9-14 Oktober 1989.

(isa/bac)