Berita Paus Fransiskus Dijadwalkan Tiba di Indonesia Hari Ini

by


Jakarta, Pahami.id

Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik di seluruh dunia Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Indonesia hari ini, Selasa (3/9).

Ini adalah bagian dari perjalanan kerasulannya ke beberapa negara.


Dalam rilis resmi Panitia Perjalanan Bapa Suci Fransiskus, Paus diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 11.30 WIB.

Selasa, 3 September, perayaan resmi kedatangan Paus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, demikian bunyi rilis mereka.

Paus telah terbang dari Roma, Italia pada hari sebelumnya, Senin. Ia akan berada di Indonesia selama tiga hari pada 4-6 September.

Pada 4 September, Paus akan bertemu Presiden Indonesia Joko Widodo dan sejumlah tokoh agama di Istana Merdeka, Jakarta.

Pada hari yang sama, Paus akan menghadiri pertemuan dengan mahasiswa Scolas Occurentes di Grha Pemuda, Jakarta.

Kemudian pada 5 September, Paus akan mengunjungi Masjid Istiqlal dan kantor Konferensi Waligereja Katolik Indonesia (KWI). Ia juga akan menghadiri Perayaan Ekaristi di Gelora Bung Karno (GBK).

Ketua KWI Antonius Subianto Bunjamin menyatakan, Gereja Indonesia sangat bersyukur dan bahagia menyambut kedatangan Paus Fransiskus.

“KWI bekerja sama dengan Nuncio Apostolik Tahta Suci Vatikan untuk Indonesia membentuk komite pada April 2024 dan berupaya mempersiapkan segala sesuatunya hingga saat ini,” kata Antonius.

Keesokan harinya, Paus melanjutkan perjalanan ke Papua Nugini, lalu ke Timor Leste, lalu ke Singapura.

Paus Fransiskus merupakan Paus ketiga yang mengunjungi Indonesia. Kunjungan pertama dilakukan oleh Paulus VI pada tanggal 3-4 Desember 1970 dan Paus Santo Yohanes Paulus II pada tanggal 9-14 Oktober 1989.

Meski memiliki keterbatasan kesehatan dan usia, Paus tetap bersedia berkunjung dan bertemu langsung dengan umatnya.

(isa/bac)