Berita PAN Gelar Kongres 23-24 Agustus, Zulhas Bakal Jadi Ketum Lagi

by


Jakarta, Pahami.id

Partai Amanat Nasional (PANCI) akan menggelar kongres partai di Hotel Indonesia (HI), Jakarta pada 23-24 Agustus 2024. Kongres tersebut merupakan forum permusyawaratan tertinggi di partai berlambang matahari putih itu.

“Dilaksanakan pada 23-24 Agustus,” kata Sekjen PAN Eddy Soeparno CNNIndonesia.com, Selasa (13/8).


Eddy mengatakan, agenda Kongres VI PAN antara lain mengangkat dan mengukuhkan kembali Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Ketua Umum periode 2024-2029. Dia menjelaskan, hal tersebut telah diputuskan dalam rapat kerja nasional beberapa waktu lalu.

“Sudah diputuskan secara aklamasi bahwa Pak Zulhas akan kembali menjabat sebagai Ketua PAN periode 2024-2029. Oleh karena itu, kita laksanakan penetapan, pelantikan Ketua PAN periode 2024-2029. [di kongres]”katanya.

Kemudian, kata Eddy, dalam kongres tersebut akan ada forum penguatan kader PAN jelang Pemilu Serentak 2024. Ia menyatakan, susunan kepengurusan PAN periode 2024-2029 akan ditentukan setelah kongres oleh Zulhas.

“Setelah kongres akan ditentukan oleh Ketum beserta formatnya,” ujarnya.

Zulhas terpilih menjadi Ketum PAN pada Kongres Partai 2015. Kemudian, ia terpilih kembali pada Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Jika diangkat kembali menjadi Ketum PAN tahun ini, Zulhas akan menjadi orang pertama yang menduduki jabatan Ketum PAN selama tiga periode berturut-turut.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN yang pertama, Amien Rais, hanya memimpin partai tersebut selama delapan tahun, yakni pada 1998 hingga 2005.

Sementara PAN kini tergabung dalam Gabungan Indonesia Maju (KIM) yang mengusung pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024, Zulhas sendiri saat ini menjabat sebagai Menteri Perdagangan di Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

(rzr/tsa)