Berita Paloh soal Syaikhu-Ilham di Pilgub Jabar: Mudah-mudahan Terjadi

by


Jakarta, Pahami.id

Ketua Partai NasDem Surya Paloh berharap duet Presiden PKS Ahmad Syaikhu dengan putra Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Ilham Habibie sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur pada Pilgub Jabar 2024 dapat terwujud.

Paloh mengaku sudah mendengar laporan Ketua DPW NasDem Jabar, Saan Mustopa terkait persoalan tersebut. Ia pun mengaku NasDem dan PKS tengah menjajaki peluang duet Syaikhu-Ilham Habibie.


Mudah-mudahan itu bisa terjadi, kata Paloh usai penutupan Kongres III NasDem, Jakarta, Selasa (27/8).

“Ada penjajakan ke arah sana antara Pak Syaikhu selaku Presiden PKS dengan Ilham Habibie,” ujarnya.

Terpisah, Ketua DPW NasDem Jabar Saan Mustopa mengatakan, jika tidak ada perubahan, Syaikhu-Ilham Habibie akan mendaftar sebagai calon pada Kamis (29/8).

Kata dia, selama ini NasDem hanya berkoalisi dengan PKS sambil mengajak parpol yang belum menentukan pilihan di Pilkada Jabar.

Duet ini diprediksi akan membuat PKS dan NasDem lepas dari Gabungan Indonesia Maju (KIM) di Pilgub Jabar.

PKS sebelumnya memberi isyarat akan mendatangkan Syaikhu-Ilham. Politikus PKS Tifatul Sembiring melalui akun X miliknya pada Senin (26/8) mengunggah foto Syaikhu-Ilham Habibie.

Dalam foto tersebut tertulis Syaikhu-Ilham sebagai Calon Gubernur Jawa Barat-Cawagub. Logo PKS dan NasDem tersemat pada gambar.

Bismillah… Mohon doa dan berkahnya semua tweeps tersayang… Untuk Jawa Barat. *Silakan…,” demikian postingan Tifatul.

PKS dan NasDem merupakan afiliasi KIM Plus yang menyatakan akan mendukung pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Mayoritas partai di KIM sepakat mengusung Dedi Mulyadi sebagai calon gubernur pada Pilgub Jabar. Sejauh ini ia mendapat dukungan dari Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, dan PSI.

Dedi Mulyadi berpasangan dengan Erwan Setiawan. Mereka pun mendaftarkan Diei sebagai calon KPU Jabar pada Selasa (27/8).

(mnf/chri)