Berita Paetongtarn Shinawatra Resmi Dapat Restu Raja Jadi PM Thailand

by


Jakarta, Pahami.id

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn telah secara resmi mengukuhkan Paetongtarn Shinawatra, keturunan dinasti politik paling terkenal dan kontroversial di negara itu, untuk menjadi perdana menteri baru di negara itu.

Penunjukan Paetongtarn menyusul serangkaian perubahan dalam politik Thailand selama seminggu terakhir, di mana Mahkamah Konstitusi setempat menggulingkan Srettha Thavisin, pendahulunya dari Partai Pheu Thai.

Paetongtarn adalah Perdana Menteri termuda di Thailand yang baru berusia 37 tahun. Ia juga merupakan putra mantan pemimpin Thailand yang digulingkan, Thaksin Shinawatra.


Ia menjadi perdana menteri wanita kedua di Thailand, setelah bibinya dan adik perempuan Thaksin, Yingluck Shinawatra.

Pada Minggu (18/8), persetujuan Raja Maha Vajiralongkorn dibacakan kepadanya oleh Sekretaris DPR Thailand di markas besar Pheu Thai di ibu kota Bangkok. Paetongtarn berlutut dan memberi hormat pada potret raja, sebelum memberikan pidato singkat untuk berterima kasih kepada raja.

“Ini adalah kehormatan dan kebanggaan tertinggi dalam hidup saya,” kata Paetongtarn usai dikonfirmasi, seperti diberitakan CNNMinggu (18/8).

“Saya, keluarga, dan pihak Pheu Thai sangat mengapresiasi kebaikan Yang Mulia. Saya bertekad menjalankan tugas dengan setia dan jujur ​​demi kemaslahatan negara dan rakyat,” ujarnya.

Dia diperkirakan akan menunjuk 35 anggota kabinetnya dan akan memimpin para menteri dalam pengambilan sumpah di hadapan raja. Pemerintahan baru, katanya, akan terus mendorong inisiatif soft power yang memanfaatkan budaya bersejarah dan kontemporer, serta pariwisata.

Ketika ditanya wartawan apakah pengangkatannya akan dianggap sebagai kembalinya sebuah dinasti, Paetongtarn mengatakan dia tidak akan terpengaruh oleh pihak lain. Paetongtarn mengatakan ia mungkin akan meminta nasihat dari ayahnya, namun bersikeras bahwa ia mempunyai idenya sendiri, dan menambahkan bahwa Thaksin tidak akan mengambil peran apa pun dalam pemerintahan.

Ia berjanji akan memprioritaskan isu-isu yang berdampak pada negara, dan berjanji akan bekerja sama dengan semua pihak. “Tidak ada yang mau mengulangi kejadian yang menimpa ayah dan bibi saya,” kata Paetongtarn.

Kebijakan ekonomi dan populis Thaksin memungkinkan dia membangun mesin politik yang telah mendominasi negara itu selama dua dekade terakhir, meskipun ia digulingkan melalui kudeta pada tahun 2006.

Namun, partai-partai yang bersekutu dengan miliarder telekomunikasi Thaksin kesulitan mempertahankan kekuasaan, karena pernah dipaksa turun dari jabatannya di masa lalu karena kudeta atau keputusan pengadilan.

Yingluck dicopot dari jabatannya sebelum militer merebut kekuasaan melalui kudeta tahun 2014, dan Thaksin diasingkan pada tahun 2006 untuk menghindari tuduhan korupsi setelah militer Thailand menggulingkan pemerintahannya. Dia kembali ke Thailand dari pengasingan pada Agustus tahun lalu.

Pekan lalu, Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa Srettha melanggar aturan etika dengan menunjuk seorang pengacara dan ajudan Thaksin, yang telah menjalani hukuman penjara, ke dalam kabinetnya. Penggulingan Srettha merupakan pukulan terbaru bagi Pheu Thai yang didukung Thaksin, yang sering bentrok dengan kaum konservatif Thailand, sebuah kelompok kecil namun kuat yang terdiri dari elit militer, kerajaan, dan bisnis.

Pada Jumat (16/8), parlemen nasional memilih Paetongtarn untuk jabatan tersebut setelah ia dicalonkan sebagai satu-satunya kandidat pengganti Srettha oleh koalisi berkuasa Pheu Thai.

Paetongtarn adalah salah satu dari tiga kandidat perdana menteri dari partai Pheu Thai menjelang pemilu nasional pada bulan Mei, dan menjadi berita utama internasional ketika ia melahirkan hanya dua minggu sebelum pemungutan suara di Thailand.

(Wow)