Berita Netanyahu Tak Beda dengan Hitler

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan semakin marah atas serangan Israel terhadap warga Palestina di Gaza. Dia juga menyebut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tidak berbeda dengan Adolf Hitler.

“Tidak ada perbedaan antara tindakan Netanyahu dan Hitler,” kata Erdogan dalam sebuah upacara di Ankara, Turki, dikutip AFP, Kamis (28/12).

Menurutnya, tindakan Netanyahu untuk menghancurkan Palestina tidak berbeda dengan apa yang dilakukan Hitler terhadap orang-orang Yahudi. Hanya saja, kata Erdogan, Netanyahu memiliki sekutu lebih banyak dibandingkan Hitler.


“Dia (Netanyahu) lebih kaya dari Hitler. Segala macam dukungan datang dari Barat dan Amerika Serikat,” tambah Erdogan.

Ketika Adolf Hitler memerintah Jerman, negara tersebut adalah negara yang paling buruk dalam menunjukkan antisemitisme terhadap orang Yahudi.

Hitler menganggap orang Yahudi menjadi penyebab kekalahan Jerman pada Perang Dunia I. Hitler juga menuduh orang Yahudi menjadi penyebab kerusuhan sosial dan ekonomi di negaranya pasca Perang Dunia I.

Pada tahun 1920-an dan awal tahun 1930-an, Jerman masih bergelut dengan krisis ekonomi yang parah. Jerman yang saat itu dikuasai Partai Nazi dan Hitler kemudian memandang bahwa mengusir bahkan memusnahkan kaum Yahudi adalah solusi paling efektif.

Antara tahun 1939 dan 1945, Nazi membantai habis-habisan orang-orang Yahudi di negara tersebut. Peristiwa yang terjadi pada Perang Dunia II ini disebut Holocaust dan menewaskan kurang lebih enam juta orang Yahudi.

Sedangkan dalam penyerangan Israel ke Gaza, lebih dari 21 ribu orang tewas dan 55 ribu orang luka-luka. Kebanyakan korbannya adalah perempuan dan anak-anak.

(tim/bukan)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);