Berita Netanyahu Sebut Tak Ada Gencatan Senjata Permanen Sebelum Hamas Hancur

by


Jakarta, Pahami.id

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu pada hari Sabtu (1/6) mengatakan bahwa ada gencatan senjata permanen antara negaranya dan Palestina di Gaza tidak akan terjadi sampai kemampuan militer dan pemerintahan Hamas dihancurkan.

Pernyataan itu dipublikasikan secara online. Pernyataan itu muncul setelah Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa Israel telah mengusulkan kesepakatan tiga fase untuk gencatan senjata di Gaza dengan imbalan pembebasan sandera oleh Hamas.

“Kondisi Israel untuk mengakhiri perang tidak berubah: penghancuran kemampuan militer dan pemerintahan Hamas, pembebasan semua sandera dan memastikan bahwa Gaza tidak lagi menjadi ancaman bagi Israel,” kata Netanyahu.


“Israel akan terus bersikeras bahwa syarat-syarat ini harus dipenuhi sebelum gencatan senjata permanen berlaku. Gagasan bahwa Israel akan menyetujui gencatan senjata permanen sebelum syarat-syarat ini dipenuhi bukanlah sebuah permulaan,” tambahnya.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dalam pidatonya mengatakan Israel telah menawarkan perjanjian gencatan senjata baru yang komprehensif kepada kelompok militan Palestina Hamas.

Menurut Biden dalam pidatonya tentang perang di Gaza, proposal gencatan senjata baru Israel dikirim ke Hamas melalui Qatar.

“Itulah yang menjadi fokusnya, mengakhiri perang ini dalam jangka panjang, memulangkan semua sandera, mengamankan keamanan Israel, menciptakan hari yang lebih baik di Gaza tanpa kekuasaan Hamas, dan membuka jalan bagi solusi politik yang memberikan masa depan yang lebih baik bagi Israel.” kita. “Israel dan Palestina,” kata Biden, seperti dilansir Al Jazeera, Jumat (31/5).

Biden mengatakan proposal baru tersebut merupakan peta jalan menuju gencatan senjata abadi dan pembebasan semua sandera.

“Ini benar-benar momen penting. Hamas perlu menerima kesepakatan tersebut. Ini saatnya mengakhiri perang yang mereka mulai,” kata Biden.

Pria berusia 81 tahun itu mendesak Israel dan Hamas untuk menerima kesepakatan tersebut dan tidak menyia-nyiakan waktu.

“Sebagai seseorang yang memiliki komitmen seumur hidup terhadap Israel, sebagai satu-satunya presiden Amerika yang pernah pergi ke Israel selama perang, sebagai seseorang yang baru-baru ini mengirimkan pasukan AS untuk membela Israel secara langsung ketika negara itu diserang oleh Iran, saya meminta Anda, untuk mengambil langkah kembali, pikirkan apa yang akan terjadi jika momen ini hilang,” kata Biden.

“Kita tidak bisa kehilangan momen ini,” kata presiden AS ke-46 itu.

Biden menguraikan rencana 3 fase yang mengarah pada penghentian perang secara permanen, yang merupakan salah satu poin penting dari diskusi sebelumnya.

Dia menjelaskan bahwa tahap pertama dari perjanjian yang diusulkan adalah gencatan senjata selama enam minggu, di mana Israel dan Hamas akan merundingkan gencatan senjata permanen di Gaza.

Biden menambahkan jika negosiasi memakan waktu lebih dari enam minggu, gencatan senjata akan berlanjut selama diperlukan untuk mencapai kesepakatan.

Tahap kedua adalah Hamas menyerahkan semua sandera yang tersisa dan Israel menarik semua pasukannya dari Gaza.

Tahap terakhir, kata dia, adalah rencana rekonstruksi besar-besaran.

Ia juga mendesak para pemimpin Israel untuk mendukung usulan tersebut, dengan alasan Hamas tidak bisa lagi melakukan serangan terhadap Israel seperti yang terjadi pada 7 Oktober 2023.

(Reuters/Agustus)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);