Berita Negosiasi Alot Jelang Voting DK PBB soal Gaza, Hindari Diveto AS Lagi

by


Jakarta, Pahami.id

Anggota Dewan Keamanan PBB (DK PBB) pada Selasa (19/12) mengadakan perundingan intensif mengenai resolusi yang disponsori negara-negara Arab untuk mendorong pengiriman bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan ke negara-negara Arab. Gaza saat gencatan senjata sedang berlangsung.

Negosiasi intensif yang dilakukan Dewan Keamanan PBB merupakan upaya menghindari veto lagi yang dilakukan Amerika Serikat (AS), seperti diberitakan Bintang TorontoSelasa (19/12).

Wakil Duta Besar AS Robert Wood mengatakan kepada wartawan Selasa pagi waktu setempat bahwa negosiasi masih berlangsung. Duta Besar Lana Nusseibeh dari Uni Emirat Arab, perwakilan Arab di dewan beranggotakan 15 orang, mengatakan dia berharap DK PBB dapat memberikan suara pada resolusi tersebut pada Selasa malam.


DK PBB telah menjadwalkan pemungutan suara pada Senin (18/12) malam, namun menundanya untuk mencoba membuat AS mendukung resolusi tersebut atau abstain.

AS memveto resolusi Dewan Keamanan yang didukung oleh hampir seluruh anggota dewan lainnya dan puluhan negara lain yang menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera di Gaza.
Majelis Umum yang beranggotakan 193 orang mengeluarkan resolusi serupa pada 12 Desember 2023 dengan suara 153-10, dengan 23 abstain.

Sebuah rancangan resolusi yang dibahas Senin pagi menyerukan “gencatan senjata segera dan berkelanjutan,” namun menurut para diplomat, bahasa ini diperkirakan akan dipermudah dalam rancangan akhir, mungkin dengan “penundaan” konflik atau sesuatu yang lebih lemah untuk mendapatkan dukungan AS. .

Negosiasinya sendiri dilakukan secara tertutup. Resolusi Dewan Keamanan penting karena mengikat secara hukum, namun dalam praktiknya banyak pihak memilih untuk mengabaikan permintaan tindakan Dewan Keamanan.

Resolusi-resolusi Majelis Umum tidak mengikat secara hukum, meskipun resolusi-resolusi tersebut merupakan ukuran penting dari opini dunia.

Rancangan resolusi yang sedang dipertimbangkan oleh 15 anggota DK PBB pada Senin pagi mengakui bahwa warga sipil di Gaza kekurangan akses terhadap makanan, air, sanitasi, listrik, telekomunikasi dan layanan medis yang “penting bagi kelangsungan hidup mereka.”

Dan hal ini menyatakan “keprihatinan yang kuat dari dewan mengenai dampak yang tidak proporsional dari konflik terhadap kehidupan dan kesejahteraan anak-anak, perempuan dan warga sipil lainnya di Gaza yang berada dalam situasi rentan.”

Hampir 20.000 warga Palestina telah terbunuh, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, sejak Israel menyatakan perang terhadap Hamas menyusul serangan mendadak di Israel selatan pada 7 Oktober 2023. Militan Hamas membunuh sekitar 1.200 orang – sebagian besar warga sipil – dan menyandera sekitar 240 orang. kembali ke Gaza.

(Wow)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);