Berita Minta Bebaskan Sandera, Israel Ancam Gempur Rafah Saat Ramadan

by


Jakarta, Pahami.id

Menteri Kabinet Perang Israel Benny Gantz mengancam menyerbu Kota Rafah, Palestina di bulan Ramadhan jika sandera yang ditahan Hamas tidak dibebaskan.

“Saya mengatakan ini dengan sangat jelas. Hamas punya pilihan. Mereka bisa menyerah, melepaskan sandera, dan dengan cara ini, masyarakat Gaza bisa merayakan hari raya Ramadhan,” kata Gantz pada konferensi di Yerusalem.

Tentara Israel berencana melancarkan serangan darat ke Rafah, kota berpenduduk lebih dari 1,4 juta orang yang mencari perlindungan dari perang.


Warga Palestina menuju ke Rafah untuk mencari perlindungan ketika Israel melancarkan invasi pada 7 Oktober. Serangan Israel sejauh ini telah menewaskan hampir 29.000 orang dan menyebabkan kerusakan besar.

Gantz, mantan menteri pertahanan, mengatakan bahwa invasi ke Rafah akan dilakukan melalui koordinasi dengan “mitra Amerika dan Mesir untuk meminimalkan korban sipil,” menurut surat kabar tersebut. Zaman Israel.

“Dunia harus tahu, dan para pemimpin Hamas harus tahu – jika di bulan Ramadhan sandera kita tidak kembali, pertempuran akan meluas ke wilayah Rafah,” tambahnya, mengutip AnatoliaSenin (19/2).

Bulan suci Ramadhan diperkirakan akan dimulai pada 10 Maret.

Hamas diyakini menyandera lebih dari 130 orang Israel setelah serangan lintas batasnya, yang menurut Tel Aviv telah menewaskan hampir 1.200 orang.

Perang Israel di Gaza telah menyebabkan 85 persen penduduk di wilayah tersebut mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan pembantaian tersebut dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

(tim/dmi)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);