Berita Menlu Taiwan Tuding China Susupi Pilpres, Singgung Indonesia

by


Jakarta, Pahami.id

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu dituduh Cina mencoba ikut campur dalam pemilihan presiden Taiwan yang akan berlangsung pada 13 Januari.

Hal itu diungkapkan Wu dalam wawancara eksklusif dengan Pahami.id TV dalam program ‘Asia Forward’, Jumat malam (12/1).

“Mereka (Tiongkok) telah melakukan hal itu selama bertahun-tahun, mungkin tidak berhasil pada pemilu sebelumnya, namun menurut saya pada pemilu kali ini, mereka tampaknya lebih halus dalam menerapkan segala macam taktik intervensi terhadap Taiwan,” kata Wu.


Ada tiga kontestan dalam Pemilihan Presiden Taiwan tahun ini. PertamaLai Ching-te (William) dari Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa.

Lai saat ini menjabat sebagai wakil presiden Taiwan dan ketua DPP. Di mata Beijing, DPP dianggap sebagai partai separatis karena tidak ingin terjadi reunifikasi. Dalam beberapa jajak pendapat, Lai unggul dari dua kandidat lainnya.

Kedua, Hou You-ih dari partai oposisi utama Taiwan, Kuomintang (KMT). Saat ini, Hou menjabat sebagai walikota New Taipei.

Berbeda dengan DPP, sikap KMT dinilai lebih lunak dalam menjalin persahabatan dengan Beijing. Hou ingin kedua belah pihak menemukan jalan tengah setelah Tiongkok memutuskan pembicaraan dengan Taiwan di bawah kepemimpinan Presiden Tsai Ing-wen pada tahun 2016.

ketiga, Ko Wen-je dari Partai Rakyat Taiwan. Dia adalah mantan walikota Taipei. Meski partainya tidak terlalu besar, namun dalam beberapa jajak pendapat Ko mampu finis di posisi ke-2.

Menurut Wu, Tiongkok berusaha mempengaruhi pemikiran masyarakat Taiwan bahwa jika kandidat pemenang kontestasi tidak disukai Tiongkok, maka akan terjadi ketidakstabilan bahkan konfrontasi militer.

Wu mengungkapkan bahwa Beijing mengambil beberapa langkah untuk mempengaruhi hasil pemilu Taiwan. Misalnya saja di bidang informasi, Tiongkok disebut-sebut telah membuat ribuan akun palsu untuk mempengaruhi opini publik.

Ia mencontohkan, ketika pemerintah Taiwan ingin bernegosiasi dengan India untuk mendapatkan kesepakatan terkait izin pekerja India bekerja di Taiwan, beredar rumor yang menyebutkan hal tersebut akan merugikan perekonomian Taiwan.

“Meskipun MOU belum siap, dan ide awalnya adalah mengizinkan sejumlah kecil orang India datang ke Taiwan, namun Tiongkok membuat ribuan akun di media sosial, Facebook, Twitter, dan mereka mulai menghasilkan banyak ide, seperti di sana. akan ada 100 ribu orang India yang bekerja di Taiwan, dan perempuan Taiwan akan berada dalam bahaya karena orang-orang India itu,” katanya.

“Beritanya menjadi begitu besar, dan menjadi tidak terkendali, dan memaksa pemerintah untuk keluar dan mengatakan bahwa itu adalah berita palsu dan kita tidak perlu khawatir karena Taiwan belum siap menandatangani perjanjian dengan India, ” dia melanjutkan.

Menurut Wu, isu ini juga digunakan untuk mempengaruhi pemilih agar pemilih menganggap pemerintah tidak kompeten untuk bernegosiasi dengan India terkait masalah pekerja asing.

“Mereka (Tiongkok) juga menggunakan tekanan ekonomi, atau paksaan ekonomi, terhadap Taiwan untuk membentuk narasi masyarakat Taiwan bahwa jika kita memiliki partai politik, atau kandidat yang tidak didukung oleh Beijing, terpilih, maka akan ada konsekuensi ekonomi. ,” dia berkata.

Wu beralasan, pada Desember lalu, Tiongkok mengumumkan penghapusan tarif preferensial nol persen terhadap 12 produk petrokimia yang diimpor dari Taiwan.

“Kemudian, mereka juga mengumumkan dalam pernyataan publik, dalam serangan yang sangat sengit terhadap kandidat DPP, dan Anda dapat melihat bahwa Tiongkok mencoba untuk ikut campur dalam pemilihan umum Taiwan,” jelas Wu.

Menyinggung Pemilu Indonesia

Wu mengklaim partainya kebal terhadap taktik Tiongkok dalam mempengaruhi hasil pemilu. Namun, ia meyakini taktik serupa bisa digunakan Beijing untuk mempengaruhi keputusan partai demokrasi di negara lain, termasuk Indonesia yang akan menggelar pemilu presiden pada 14 Februari mendatang.

“Untuk Indonesia, saya tahu pemilu di negara anda akan dilangsungkan tepat setelah pemilu di Taiwan. Dan saya berharap teman-teman Indonesia bisa melihat bagaimana Tiongkok mempengaruhi pemilu di Taiwan, dan merenungkan bagaimana RRT berusaha membentuk opini publik di Indonesia, lalu mencoba melakukan intervensi. politik demokratis kita, kata Wu.

Tuduhan Wu dilatarbelakangi oleh hasil penelitian beberapa lembaga. Salah satunya, kata Wu, adalah lembaga nirlaba Freedom House yang mencoba mendokumentasikan bagaimana Tiongkok menyusup ke negara demokrasi lain dan mencoba membentuk narasi atau opini publik di negara lain.

Freedom House menemukan bahwa Indonesia adalah negara ketiga yang terpengaruh oleh Tiongkok dalam opini publik. Jadi ini adalah hal yang perlu kita waspadai dan kita berharap semakin banyak sumber berita alternatif, sehingga teman-teman kita di Indonesia bisa melihat lebih banyak lagi. secara umum, dunia internasional dan bukannya hanya menerima atau, bagi beberapa media berita, hanya menerima narasi dari Tiongkok,” jelasnya.

Tiongkok sebelumnya mengatakan pihaknya ‘tidak akan berkompromi’ mengenai masalah Taiwan, dalam pembicaraan militer pertamanya dengan AS sejak tahun 2021.

Mereka mendesak AS untuk ‘berhenti mempersenjatai Taiwan’. Pernyataan tersebut disampaikan beberapa hari menjelang pemilu Taiwan yang digelar pada Sabtu (13/1).

Tiongkok mengklaim Taiwan sebagai bagian wilayahnya, namun pulau itu menganggap dirinya terpisah dari daratan Tiongkok.

“Tiongkok menyatakan kesiapannya untuk mengembangkan hubungan militer-ke-militer yang sehat dan stabil dengan Amerika Serikat atas dasar kesetaraan dan rasa hormat,” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan seperti dilansir BBC.

(sfr/asa/bac)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);