Berita Menhub Singapura Resign usai Kena 27 Dakwaan Kasus Korupsi Kelas Kakap

by


Jakarta, Pahami.id

Menteri Perhubungan Singapura S Iswaran mengundurkan diri dari pemerintahan dan parlemen pada Kamis (18/1) setelah ditangkap dalam sebuah kasus korupsi kelas besar

Pengumuman pengunduran diri Iswaran disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong setelah menteri tersebut didakwa atas 27 dakwaan korupsi tingkat tinggi dan jarang terjadi.

Lee mengatakan Iswaran menyerahkan surat pengunduran dirinya pada 16 Januari setelah menerima pemberitahuan resmi dari pengadilan mengenai tuduhan yang dikenakan padanya.


Dilaporkan Selat TimesIswaran ditahan Biro Penyidikan Praktik Korupsi (CPIB) sejak Juli 2023.

Dalam sidang hari ini, jaksa menuntut Iswaran dengan dua dakwaan suap, 24 dakwaan suap dan kolusi, serta satu dakwaan mencampuri proses hukum.

Dokumen pengadilan menunjukkan sebagian besar dugaan pelanggaran melibatkan taipan Ong Beng Seng, penyelenggara ajang Formula Satu atau F1 di Singapura pada tahun 2008.

Ong adalah seorang pengusaha hotel terkenal di Singapura dan Asia. HPL merupakan perusahaan induk dari Four Seasons Hotels and Resorts dan Intercontinental Hotels, serta Mariott International di Singapura dan beberapa negara seperti Kanada, Australia, Inggris, dan Amerika Serikat.

HPL juga tergabung dalam konsorsium yang akan membeli aset real estate Singapore Press Holdings pada tahun 2022. Total, HPL memiliki 38 hotel di 15 negara.

Pada September 2022, Iswaran diduga mendapat hadiah dari Ong senilai sekitar 145.434 dolar Singapura. Ong memberikan uang ilegal tersebut sebagai insentif untuk melancarkan perjalanan bisnisnya terkait kontrak antara GP Singapura dan Singapore Tourism Board (STB).

Iswaran juga diduga memperoleh barang berharga dengan total nilai sekitar S$218.058 dari Ong antara November 2015 hingga Desember 2021.

Iswaran juga diduga menghalangi jalannya peradilan sekitar 25 Mei 2023.

Saat ditahan, PM Lee meminta Iswaran mengambil cuti tanpa tanggung jawab hingga penyelidikan CPIB selesai.

(rds)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);