Berita Menhan AS-China Bakal Bertemu saat Beijing-Taiwan Makin Tegang

by


Jakarta, Pahami.id

Kementerian Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin akan bertemu dengan Menteri Pertahanan Cina saat ketegangan di Selat Taiwan akhir-akhir ini memanas lagi.

Rencana tersebut diungkapkan Gedung Putih tak lama setelah China kembali melancarkan latihan perang di sekitar Taiwan.


Pada Jumat (24/5) Gedung Putih mengumumkan Austin akan bertemu Laksamana Tiongkok Dong Jun dalam Dialog Shangri-La pada 31 Mei-2 Juni 2024. Acara tersebut merupakan pertemuan para pejabat pertahanan dari seluruh dunia.

Pertemuan keduanya sudah sangat dinantikan sejak mereka berbicara melalui telepon pada April lalu. Pembicaraan mereka merupakan perundingan substantif pertama antara menteri pertahanan AS dan Tiongkok dalam hampir 18 bulan.

Pertemuan antara Austin dan Dong Jun akan berlangsung pada saat ketegangan antara Tiongkok dan Taiwan, sekutu dekat AS, sedang meningkat.

Sebagaimana dilaporkan AFPTiongkok pekan ini mengepung Taiwan dengan kapal perang dan jet tempur sebagai ujian kemampuan Tiongkok untuk merebut pulau itu.

Taiwan mengkritik latihan perang Tiongkok baru-baru ini sebagai bentuk “provokasi terang-terangan”. Simulasi perang ini terjadi tiga hari setelah Taiwan memiliki presiden baru, Lai Ching-te.

Dalam pidato pembukaannya, Lai mendorong kemerdekaan Taiwan dan apa yang dianggap Tiongkok sebagai upaya untuk memisahkan diri.

Latihan ini dilakukan setelah pelantikan Presiden Lai Ching-te yang berjanji untuk melestarikan demokrasi pemerintahan mandiri Taiwan.

Sementara itu, pemerintahan Presiden AS Joe Biden dan Tiongkok telah meningkatkan komunikasi untuk meredakan perselisihan. Bulan lalu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengunjungi Shanghai dan Beijing.

Namun, pembicaraan pertahanan masih terhenti sampai Presiden Tiongkok Xi Jinping setuju untuk memulai kembali dialog militer selama pertemuan puncak dengan Biden di California pada bulan November.

Selain ke China, Austin dijadwalkan berangkat ke Kamboja untuk berdiskusi dengan para menteri pertahanan dari blok ASEAN Asia Tenggara. Dia akan mengakhiri perjalanannya di Prancis dan bergabung dengan Biden dalam rangka peringatan 80 tahun D-Day.

Sebelumnya, Austin sempat membuat heboh publik dengan menghilang saat menjalani pengobatan kanker pada Desember 2023, lalu dikabarkan mengalami komplikasi pada Januari lalu.

Permasalahannya tidak berhenti sampai disitu saja, karena pada bulan Februari ia kembali dirawat karena masalah kandung kemihnya.

(el/rds)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);