Berita Melihat Gagahnya Pindad Maung Bawa Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi

by


Jakarta, Pahami.id

Kendaraan taktis pabrik PindadMaung biasa membawa dua anggota Sore beserta duplikat bendera pusaka Merah Putih dan teks asli deklarasi selama karnaval akhir pekan ini.

Prosesi karnaval kedua benda keramat ini merupakan yang pertama sepanjang sejarah. Kedua benda tersebut akan dibawa dari Jakarta menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Sabtu (10/8).

Ada yang cukup menarik dari karnaval ini. Kedua benda pusaka tersebut dibawa dari Monas menuju Lanud Halim Perdanakusuma dengan menggunakan kendaraan taktis buatan lokal.


Yang menarik, duplikat bendera dan teks proklamasi itu akan menggunakan kendaraan taktis Maung buatan Pindad kita, selain itu juga menggunakan produksi dalam negeri, kata Deputi Bidang Protokol dan Media Pers Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Jakarta Pusat, Sabtu. (10/8). .

Kendaraan taktis Pindad Maung ini dikemudikan oleh seorang Polisi Militer yang mengenakan baret biru. Hanya tiga orang yang menaiki mobil jeep empat tempat duduk berpelat Kementerian Pertahanan ini, dua di antaranya merupakan pembawa bendera merah putih warisan Kachina Ozora dan pembawa naskah asli deklarasi Keyla Azzahra Purnama.

Keduanya merupakan anggota Paskibraka Nasional 2023, dan mengemban tugas penting dalam pawai tersebut.

Mobil jeep Pindad Maung yang ditumpanginya berwarna hitam, persis seperti yang digunakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Pindad pada September 2023.

Saat itu, Prabowo sendiri yang mengantarkan Maung untuk mengantar Jokowi mengunjungi pabrik senjata yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Ucapan Maung pun dimanfaatkan oleh Prabowo untuk mendaftarkan dirinya sebagai calon presiden ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia didampingi calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka pada Oktober 2023.

Pindad Maung mengandalkan mesin diesel turbo 2.494 cc 2GD-FTV yang dipasok Toyota belum lama ini. Mesin ini juga dipasang pada pikap Hilux.

Kendaraan ini mampu membawa senjata kaliber 7,62 mm, konsol SS2-V4, serta dilengkapi perangkat navigasi GPS dan pelacak kendaraan.

Maung memiliki dimensi panjang 4,8 meter, lebar 2 meter, tinggi 1,8 meter, dan jarak sumbu roda 2,8 meter. Ground clearance jeep ini mencapai 30 cm.

Kecepatan maksimal yang bisa didapat adalah 120 kilometer per jam dan bisa digunakan hingga 800 kilometer.

(chan/agustus)