Berita Media Inggris The Guardian Hapus ‘Surat untuk Amerika’ Osama bin Laden

by
Jakarta, Pahami.id

Media Inggris The Guardian menghapus surat berusia 21 tahun yang ditulis oleh pendiri Al Qaeda Osama Bin Ladensetelah viral di dunia maya.

Surat Osama Laden bertajuk “Surat untuk Amerika”, viral di TikTok sejak Selasa (14/11) lalu, memicu perdebatan mengenai dukungan Amerika Serikat terhadap Israel dalam invasi ke Jalur Gaza.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Bin Laden mendalangi serangan 11 September 2001, yang dikenal sebagai 9/11, ketika pesawat penumpang menabrak World Trade Center di New York dan menewaskan hampir 3.000 orang.

Transkrip surat yang diterbitkan The Guardian berisi pernyataan bin Laden bahwa serangan 9/11 di AS karena negara tersebut mendukung Israel.

Setelah menjadi viral, tautan ke dokumen asli surat bin Laden dihapus oleh The Guardian, dan diganti dengan pernyataan bahwa dokumen tersebut telah menjadi viral secara online “tanpa konteks lengkap”.

Halaman ini sebelumnya menampilkan dokumen yang berisi, dalam terjemahan, teks lengkap dari “surat kepada rakyat Amerika” oleh Osama bin Laden, dilaporkan di Observer pada Minggu 24 November 2022. Dokumen tersebut, diterbitkan di halaman ini pada hari yang sama, telah dihapus pada 15 November 2023,” demikian postingan di tautan tersebut Penjaga.

“Transkrip yang dipublikasikan di situs kami telah dibagikan secara luas di media sosial, tanpa konteks penuh. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk menghapusnya dan mengarahkan pembaca ke artikel berita yang mengontekstualisasikannya,” lanjut pernyataan tersebut.

Pesan Bin Laden, yang ditulis setahun setelah tragedi 9/11, menyatakan penolakannya terhadap aktivitas Barat di negara-negara Muslim. Bin Laden juga mengecam Amerika Serikat atas dukungannya terhadap Israel dan pendekatannya terhadap wilayah Palestina.

Dalam surat tersebut, ia juga mengecam “kebohongan, kejahatan dan distorsi” yang dilakukan Barat, dan berpendapat bahwa serangan terhadap warga sipil dan Amerika Serikat adalah hal yang dibenarkan.

“Mereka mengerahkan ratusan ribu tentara melawan kami dan membentuk aliansi dengan Israel untuk menindas kami dan menduduki tanah kami. Itu sebabnya kami meresponsnya pada 9/11,” lanjut surat Bin Laden.

(dna/bac)