Berita Media Asing Soroti Zhang Zhi Jie Meninggal saat Laga AJC di Yogyakarta

by


Jakarta, Pahami.id

Sejumlah media asing menyoroti pemberitaan mengejutkan mengenai pebulutangkis Cina, Zhang Zhijieyang meninggal dunia saat berlaga di Asian Youth Championship (AJC) di Yogyakarta, Indonesia, Minggu (30/6).

media yang berbasis di Hong Kong, Pos Pagi Tiongkok Selatan (SCMP), melaporkan bahwa Zhang meninggal setelah pingsan di lapangan. Saat itu, ia bertanding melawan atlet bulu tangkis asal Jepang, Kazuma Kawano, dan meraih skor 11-11.


“Skor sudah mencapai 11-11 di game pertama ketika Zhang terjatuh ke lantai. Dia mendapat perawatan medis darurat di lokasi kejadian dan dibawa ke rumah sakit dengan ambulans, namun tidak bisa diselamatkan,” tulisnya. SCMP.

Media India, Ekspres IndiaDiberitakan juga, pria berusia 17 tahun tersebut meninggal dunia pada pukul 23.20 waktu Yogyakarta setelah pingsan.

Dunia bulu tangkis kehilangan pemain berbakat, demikian pernyataan bersama Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Badminton Asia, dan penyelenggara AJC 2024, seperti dikutip Ekspres India.

Media Singapura The Straits Times pun menyoroti kabar duka ini. Dalam artikel berjudul “Pebulutangkis Tiongkok Zhang Zhijie, 17, meninggal setelah pingsan saat bertanding“, Zhang dikabarkan meninggal saat bersiap menerima pelayanan dari Kawano.

“Saat ini, rumah sakit setempat belum mengumumkan penyebab kematian Zhang,” kata Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA) seperti dikutip. Selat Times.

Sejumlah media Malaysia seperti BernamaBintang, dan Waktu Selat Baru juga melaporkan kejadian menyedihkan ini.

“Zhi Jie pingsan di lapangan saat bermain di pertandingan tunggal putra melawan Kazuma Kawano,” tulisnya Bintang.

Pebulu tangkis China Zhang Zhi Jie meninggal dunia setelah pingsan di lapangan saat berlaga di kompetisi AJC 2024, Minggu (30/6).

Tim campuran Tiongkok akan menghadapi Jepang di hari ketiga AJC 2024. Tiongkok dan Jepang bersaing memperebutkan Grup D. Selain Negeri Tirai Bambu dan Negeri Sakura, dua penghuni Grup D lainnya adalah Singapura dan Hong Kong.

Zhang Zhi Jie yang merupakan pemain tunggal putra papan atas Tiongkok berhadapan dengan Kazuma Kawano di laga ketiga. Pertandingan itu berlangsung sulit.

Pada kedudukan 11-11, saat hendak menerima servis Kawano, Zhang Zhi Jie terjatuh lalu tertelungkup di lapangan. Tubuhnya tampak mengejang. Pelatih asal Tiongkok itu berhasil masuk ke lapangan, namun ia sudah meninggal dunia.

(blq/baca)