Berita Media Asing Soroti Peluang Prabowo Menang Pilpres Satu Putaran

by


Jakarta, Pahami.id

Media Nikkei Asia dari Jepang meramalkan peluang besar bagi calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto untuk memenangkan Pilpres 2024.

Media menyebutkan, untuk ketiga kalinya Prabowo mencalonkan diri sebagai calon presiden, ia semakin dekat dengan kemenangan pada pencalonan ketiganya.


“Setelah kekalahan telak dalam dua pemilu, menteri pertahanan dan purnawirawan jenderal kini berada di posisi teratas dalam pemilihan presiden berkat citra publik yang baik dan aliansi dengan mantan saingannya (Presiden Joko Widodo),” tulis media tersebut.

Nikkei Asia Diberitakan, popularitas Prabowo meningkat sejak putra Jokowi, Gibran Rakabuming, ditunjuk menjadi calon wakil presiden mantan Danjen Kopassus.

Media tersebut mengutip lembaga survei LSI Denny JA yang menyebutkan elektabilitas Prabowo unggul 50,7 persen.

Sedangkan calon presiden Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo hanya meraih sekitar 20 persen. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin Prabowo bisa memenangkan Pilpres dalam satu putaran.

“Untuk pertama kalinya survei kami (menunjukkan) pasangan Prabowo-Gibran melewati angka ajaib 50 persen. Tingginya rating Jokowi melancarkan tiket terkait dirinya, berkah elektoral,” kata peneliti LSI Adji Al Faraby seperti dikutip dari Nikkei Asia.

Kepada Asia Nikkei, Faraby menambahkan, rating Jokowi dalam beberapa bulan terakhir sangat konsisten di angka 80 persen.

Jika Prabowo memperoleh suara lebih dari 50 persen pada pemilu tersebut, maka ia pasti akan memenangkan Pilpres 2024 hanya dalam satu putaran.

Namun jika tidak ada calon presiden yang memperoleh suara lebih dari 50 persen, maka pemilihan presiden akan dilanjutkan ke putaran kedua pada 26 Juni.

Media menyoroti strategi Jokowi dengan menempatkan Gibran sebagai calon wakil presiden dari Prabowo karena ia tidak bisa mencalonkan diri lagi sebagai calon presiden/wakil presiden karena sudah menjabat dua periode sesuai amanat UUD.

Dengan demikian, rencana Jokowi untuk melanjutkan programnya di pemerintahan bisa dilanjutkan oleh Prabowo-Gibran. Salah satu yang terpenting adalah Proyek Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan.

(tim/bac)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);