Berita Media Asing Soroti Ongkos Program Makan Siang Gratis Prabowo Rp120 T

by


Jakarta, Pahami.id

Media asing menyoroti biaya yang dibutuhkan calon presiden nomor urut 2, Prabu Subiantountuk menjalankan program makan siang gratis jika dia resmi menjabat sebagai presiden.

Dalam laporannya yang bertajuk ‘Program Makanan Sekolah Prabowo Indonesia dengan Biaya U$ 7,7 Bulan di Tahun Pertama’, sebuah kantor berita asal Amerika Serikat, ReutersDitegaskan, sejumlah analis tidak setuju dengan program Prabowo karena dianggap terlalu mahal bahkan di tahun pertama masa jabatannya.


“Para ahli memperingatkan bahwa biaya untuk memenuhi janji kampanye Prabowo untuk menyediakan makanan gratis kepada 82,9 juta anak sangatlah mahal dan dapat merusak catatan disiplin fiskal Indonesia,” kata laporan itu. Reuters.

Di samping itu ReutersMedia yang berbasis di AS, berita AS, juga mengeluarkan laporan bertajuk “Program makanan sekolah Prabowo menghabiskan US$7,7 miliar pada tahun pertama” pekan lalu.

Pada paragraf pertama, mereka mencantumkan pernyataan Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Rakabuming yang menyebutkan program makan siang tersebut memakan biaya ratusan triliun pada tahun pertama.

Anggota TKN, Budiman Sudjatmiko mengatakan, tahun pertama program ini membutuhkan belanja antara Rp100 triliun hingga Rp120 triliun.

Ia kemudian menjelaskan, setiap tahunnya program makan siang membutuhkan beras 6,7 juta ton, daging ayam 1,2 juta ton, daging sapi 500 ribu ton, ikan 1 juta ton, susu 4 juta kiloliter, serta sayur-sayuran dan buah-buahan.

Program ini akan menelan biaya Rp450 triliun atau sekitar US$28,7 miliar ketika mencapai tahap akhir pada tahun 2029.

Pada tahap akhir, lanjutan, rancangan program kali ini mencakup kolaborasi dengan petani dan usaha kecil untuk mengurangi total biaya.

media yang berbasis di Singapura, Selat Times (ST)juga melaporkan laporan yang sama.

ST juga menyertakan pendapat para pemerhati umum pada acara makan siang tersebut. Sejumlah pakar mengingatkan, biaya untuk mewujudkan kampanye Prabowo tidaklah sepele.

Di Indonesia, terdapat sekitar 82,9 juta anak dan biaya program gizi dapat merusak rekam jejak disiplin fiskal negara ini.

Makan siang gratis merupakan salah satu program utama yang sering diusung oleh Prabowo selama kampanye.

Hingga saat ini, penghitungan suara sementara Pemilu 2024 menunjukkan Prabowo unggul atas dua rivalnya, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Senin (26/2), hasil penghitungan ulang sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar 77,29 persen menunjukkan Prabowo memperoleh 58,84 persen suara. Sedangkan Anies dan Ganjar masing-masing meraih 24,45 persen dan 16,71 persen suara.

(isa/rds)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);