Berita Media Asing Soroti Mahfud MD Resmi Mundur dari Kabinet Jelang Pilpres

by


Jakarta, Pahami.id

Sejumlah media asing menyoroti pernyataan calon wakil presiden nomor urut 3 itu Mahfud MDyang menyatakan dirinya mengundurkan diri sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan) mendekat Pilpres 2024.

media yang berbasis di Singapura, Saluran Berita Asiamenulis laporan berjudul “Menteri Keamanan Indonesia Akan Segera Ajukan Pengunduran Diri”pada Rabu (31/1).

Pada paragraf pertama, media menuliskan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD akan menyampaikan pengunduran dirinya, Presiden Joko Widodo


Channel News Asia menulis, Presiden Jokowi dijadwalkan berada di Jakarta pada Kamis (1/2). Media tersebut juga menuliskan Mahfud tidak menjelaskan alasan pengunduran dirinya.

media Amerika Serikat berita AS soroti juga berita ini.

US News juga menyoroti pernyataan Mahfud MD yang akan menyampaikan surat pengunduran dirinya kepada Jokowi begitu mendapat kesempatan bertemu dengan presiden.

“Saya akan mengucapkan selamat tinggal secara hati-hati dan akan menyampaikan surat ini,” demikian pernyataan Mahfud MD seperti dimuat di US News.

Selain menyoroti rencana pengunduran diri Mahfud, media juga mengungkap rumor Menteri Keuangan Sri Mulyani Indarwati dan beberapa menteri lainnya kemungkinan mundur dari kabinet Jokowi.

Sementara itu media Malaysia, freemalaysia hari inijuga menyoroti kabar tersebut dalam laporan bertajuk “Menteri Keamanan Indonesia Umumkan Pengunduran Diri Jokowi”.

Media menyebut pengunduran diri Mahfud terjadi di tengah spekulasi dan pemberitaan potensi pengunduran diri beberapa menteri lain di pemerintahan Jokowi.

Sebelumnya, calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menyatakan akan melepaskan jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Maka hari ini saya membawa surat untuk disampaikan kepada presiden tentang masa depan politik saya yang belakangan ini menjadi perbincangan publik, kata Mahfud di Danau Tirta Gangga, Lampung Tengah, Lampung, Rabu (31/1).

Mahfud sebelumnya membeberkan rencana mundur dari jabatan Menko Polhukam. Dia mempresentasikan rencana ini di ‘Hit Prof!’ di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/1).

Mahfud menjelaskan, langkahnya mundur dari Kabinet Indonesia Maju merupakan kesepakatan dengan calon presiden Ganjar Pranowo.

(dna/bac)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);