Berita Media Asing Soroti Jokowi Beri Prabowo Pangkat Jenderal Kehormatan

by


Jakarta, Pahami.id

Media asing asal Australia dan Kanada menyoroti Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang memberikan Penghargaan Kehormatan Umum TNI kepada calon presiden Prabowo Subianto, Rabu (28/2).

Jokowi juga memberikan kenaikan pangkat kepada Menteri Pertahanan Indonesia menjadi jenderal bintang empat.


media Australia, Berita ABCmerilis artikel berjudul “Presiden Indonesia berikutnya kemungkinan besar akan diangkat menjadi jenderal bintang 4 meski ada tuduhan pelanggaran HAM.”

Pada paragraf pertama mereka menulis bahwa Jokowi memberikan penghargaan bintang empat kepada Menteri Pertahanan Prabowo, mantan perwira tinggi militer atas dugaan pelanggaran HAM.

Penghargaan tersebut diserahkan Jokowi di hadapan aparat TNI dan Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta.

Pemberian peringkat ini merupakan bentuk apresiasi dan penegasan dalam memberikan pelayanan seutuhnya kepada masyarakat, bangsa, dan negara, kata Jokowi.

media Kanada, Bintang Toronto, juga mengeluarkan laporan serupa. Di antaranya profil singkat Prabowo. Ia pernah menjadi letnan jenderal dan komandan pasukan khusus (Kopassus).

Prabowo diduga terlibat dalam penyiksaan terhadap 22 aktivis era Soeharto pada 1998.

Kelompok pengawas hak asasi manusia mengklaim bahwa Prabowo terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia di Timor Leste pada tahun 1980an-1990an. Namun, dia membantah semua tuduhan tersebut.

Bintang Toronto juga memuat tanggapan Direktur Kelompok Hak Asasi Manusia Indonesia Imparsial Gufron Mabruri terkait penghargaan tersebut.

Pemberian penghargaan bintang empat atas rekam jejaknya di militer dan dugaan keterlibatannya dalam beberapa kasus pelanggaran HAM akan merendahkan kehormatan dan martabat TNI, kata Gufron kepada media.

Prabowo menjadi calon presiden terdepan menurut jajak pendapat pada pemilu presiden kali ini.

Beberapa pengamat menilai pencapaian tersebut tak lepas dari dukungan tidak langsung yang diberikan Jokowi kepada dirinya dan keputusan memilih Gibran Rakabuming sebagai calon wakil presiden.

Gibran Rakabuming merupakan Wali Kota Solo sekaligus putra sulung Jokowi.

(membaca)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);