Berita Media Asing Juluki Gibran Rakabuming ‘Nepo Baby’, Apa Artinya?

by


Jakarta, Pahami.id

Media asing Al Jazeera membahas julukan “Nepo Baby” atau bayi nepotisme yang akhir-akhir ini melekat pada calon presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka.

Dalam artikel terbarunya yang berjudul “Anak Pemimpin Indonesia Tolak Tag ‘Nepo Bayi’ di Acara Debat Makan”, Al Jazeera menulis, Gibran mungkin merupakan calon wakil presiden paling kontroversial saat ini dalam sejarah politik Indonesia.


Media asal Qatar ini membahas bagaimana Gibran lolos menjadi calon wakil presiden melalui proses kontroversial mulai dari anak presiden yang masih berkuasa, Joko Widodo, hingga keputusan Mahkamah Konstitusi yang dianggap kontroversial. lebih mudah dengan melonggarkan persyaratan usia minimal calon presiden dan wakil presiden.

Selain itu, Gibran juga dituding menerapkan praktik politik dinasti yang telah lama mengganggu perpolitikan Indonesia, menyusul ayahnya, Presiden Jokowi, yang telah memerintah dan memimpin selama dua periode.

Dalam laporan ini, Al Jazeera turut membahas Gibran yang dinilai berhasil mematahkan anggapan yang hanya melihat “semata” pada debat pertama Cawapres kemarin, meski dilabeli Nepo Baby.

Performa Gibran pada debat perdana cawapres disebut-sebut jauh di luar ekspektasi. Beberapa pengamat politik diwawancarai Al Jazeera Bahkan, Gibran dinilai sangat siap dan berhasil menunjukkan pemahamannya yang sangat baik terhadap isu-isu penting seperti ekonomi dibandingkan dua lawan seniornya.

Jadi apa itu Nepo Bayi?

Nepo baby merupakan kependekan dari nepotism baby atau bayi nepotisme.

Biasanya julukan ini digunakan untuk menyebut orang-orang yang dianggap memiliki karir cemerlang karena “bantuan” ketenaran orang tua dan keluarganya.

mengikuti IndependenIstilah bayi nepo tidak hanya terkenal di dunia politik, namun juga dunia hiburan.

Sebutan baby nepo dalam dunia hiburan kerap dikaitkan dengan anak-anak selebriti sukses yang nama orangtuanya terkenal dan koneksi dunia hiburan yang sangat baik telah membantu mereka menjadi selebriti.

Nepo adalah kependekan dari nepotisme, yang menurut Kamus Bahasa Inggris Collins adalah istilah ‘penggunaan kekuasaan secara tidak adil untuk mendapatkan pekerjaan atau keuntungan lain bagi keluarga atau teman Anda.’

Sedangkan menurut Today, istilah bayi nepo mengacu pada keistimewaan yang diterima oleh tokoh masyarakat yang dianggap menyanjung nama besar orang tua atau keluarga sebelumnya.

Sedangkan nepotisme adalah praktik memihak seseorang terutama dalam hal pekerjaan, bukan hanya karena kemampuan tapi juga identitas.

Oleh karena itu, bayi nepo umumnya menggambarkan tokoh masyarakat yang berhasil mengikuti jejak orang tuanya dan sukses berkarir di industri yang sama. Sayangnya, istilah tersebut dibarengi dengan stigma negatif karena karier mereka dianggap sukses hanya berkat popularitas keluarga atau orang tua.

(rds)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);