Berita Masjid Istiqlal Siapkan Takjil Gratis hingga 6 Ribu Boks per Hari

by


Jakarta, Pahami.id

Pengelola Masjid Istiqlal akan memberikan 4 ribu hingga 6 ribu kotak takjil gratis untuk jemaah saat ini Ramadan 1445 Hijriah.

Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) Ismail Chawidu mengatakan, jumlah tersebut meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 3 ribu-4 ribu kotak per hari.

“Tahun ini kami menyediakan 4 ribu boks, untuk Jumat, Sabtu, dan Minggu kami tambah menjadi 6 ribu boks. Karena pada hari libur jumlah jemaah lebih banyak,” ujarnya kepada wartawan, Senin (11/3).


Ismail menjelaskan, program takjil gratis ini akan dijalankan oleh total 11 pihak katering selama sebulan penuh. Hal itu, kata dia, dilakukan sebagai antisipasi agar makanan tetap utuh dan tidak rusak.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

“Kami tidak menyiapkan dapur umum. Kami dibantu 11 katering dalam pengerjaannya, karena kalau kami siapkan 4 ribu-6 ribu boks, tidak mungkin satu katering,” ujarnya.

“Makanan juga kami pastikan tidak kadaluarsa karena harus siap pada pukul 16.00 WIB,” imbuhnya.

Berikutnya, Ismail mengimbau masyarakat yang ingin berkunjung ke Masjid Istiqlal di bulan Ramadhan agar datang lebih awal.

Hal ini untuk mengantisipasi penumpukan atau kemacetan akibat banyaknya jamaah yang berkunjung ke Masjid Istiqlal saat bulan suci.

Pemerintah mencanangkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah atau dimulainya puasa pada 12 Maret 2024 berdasarkan pantauan hilal di ratusan titik di seluruh Indonesia.

Penetapan tersebut berdasarkan Sidang Pembuktian yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) bersama perwakilan organisasi massa keagamaan dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), di Jakarta, Minggu (10/3).

Sementara itu, Muhammadiyah yang menganut hakikat hisab bentuk bulan sabit, lebih dulu menetapkan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada 11 Maret.

(tfq/sfr)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);