Berita Manajemen Buka Suara soal Gajah Ngamuk Tewaskan Pegawai Bali Safari

by


Denpasar, Pahami.id

Pengelolaan Grup Taman Safari Indonesia buka suara terkait gajah Aksi amukan tersebut menewaskan seorang pegawai Bali Safari and Marine Park, Komang Resi Yasa (27) di Kabupaten Gianyar.

SVP Marketing Indonesia Safari Park Group Alexander Zulkarnain mengatakan, pihaknya turut berduka cita atas meninggalnya mendiang karyawannya yang mengalami kecelakaan kerja, dan berjanji akan menafkahi keluarga korban.

“Kami turut berduka cita kepada keluarga almarhumah dan seluruh pihak yang mengenalnya. Taman Safari Bali akan terus memberikan dukungan kepada keluarga yang ditinggalkan selama masa duka ini,” kata Zulkarnain dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/8/2021). /2018). 9).


Dijelaskannya, kejadian tersebut terjadi saat almarhum atau korban sedang menjalankan tugasnya sambil berinteraksi dengan gajah. Pihaknya berkomitmen untuk memahami situasi secara menyeluruh untuk menghindari insiden serupa di masa depan.

“Almarhum merupakan sosok yang penuh dedikasi dan kasih sayang dalam merawat gajah-gajah kami, serta telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keluarga besar Bali Safari Park. Kepergiannya meninggalkan duka yang mendalam bagi seluruh tim kami dan komunitas pecinta satwa,” imbuhnya. .


Dikatakannya, almarhum telah mengabdikan dirinya untuk mendukung kesejahteraan satwa khususnya gajah di Bali Safari.

“Almarhum telah mendedikasikan hidupnya untuk kesejahteraan gajah, dedikasi dan keahliannya dalam merawat satwa menjadi teladan bagi kita semua. Dedikasinya akan selalu dikenang oleh semua yang mengenalnya, baik staf Bali Safari Park maupun pengunjung yang menyaksikan pengabdiannya,” kata Zulkarnain.

Selain itu, ia memastikan Safari mematuhi standar keselamatan kerja dan prosedur operasional yang ketat

Mahout di Taman Safari telah menjalani pelatihan yang diperlukan dan bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan, termasuk tugasnya dalam berinteraksi dengan gajah.

“SOP yang kami terapkan bertujuan untuk menjamin keselamatan pekerja kami dan hewan yang kami rawat,” ujarnya.

Sebelumnya, seorang pekerja Bali Safari and Sea Park, di Kabupaten Gianyar, Bali bernama Komang Resi Yasa (27), tewas akibat mengamuk gajah. Korban diketahui merupakan penjaga gajah di Bali Safari and Marine Park, Gianyar.

Kabid Humas Polda Bali, Kompol Jansen Avitus Panjaitan membenarkan kejadian tersebut dan terjadi pada Selasa (17/9) sekitar pukul 09.00 Wita, dan pihak keluarga akan melaporkannya ke Polres Gianyar, Bali.

“Saat ini kami masih menunggu hasil pemeriksaan dokter. Terkait kejadian tersebut, keluarga korban akan melaporkan kembali ke Mapolres Gianyar,” kata Kombes Jansen, Selasa (24/9).

(anak/anak-anak)