Berita Mahfud Endus Upaya Sistemis di Balik Wacana Koalisi Permanen

by


Jakarta, Pahami.id

Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menduga ada upaya sistemik di balik wacana ‘koalisi permanen’ di pemerintahan Prabu Subianto– Gibran Rakabuming Raka. Namun, kata dia, wacana tersebut tidak akan menghalangi munculnya oposisi pemerintah.

Sejauh yang saya tahu, koalisi besar tidak menolak peluang oposisi untuk menciptakan mayoritas yang sistemik, kata Mahfud di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Kamis (14/3).


Dia menolak berkomentar lebih jauh mengenai masalah tersebut. Mahfud menunggu perkembangan selanjutnya dan menyerahkannya pada pemerintahan berikutnya.

“Tetapi terserah baik atau tidaknya, kita tunggu perkembangannya sambil berdiskusi,” ujarnya.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Wacana koalisi permanen ‘Barisan Nasional’ atau ‘Barisan Rakyat’ sebelumnya disampaikan oleh Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jeffrie Geovanie. Katanya, dia ingin mencontoh Malaysia.

Dalam koalisi ini, Jeffrie mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi ketua umum. Menurut dia, koalisi permanen harus terkoneksi dengan partai pusat hingga daerah.

“Saya sudah berkali-kali katakan kepada para tokoh, penting kita membuat konsep koalisi permanen yang bisa kita tiru dengan nama seperti garis nasional di Malaysia. Atau bisa juga menggunakan nama garis rakyat,” kata Jeffrie di Zulfan. Channel YouTube Lindan Unpacking Podcast yang diunggah 1 Maret lalu.

Menurut Jeffrie, ide tersebut bisa saja dirintis terlebih dahulu oleh partai-partai besar dan bisa menyebabkan satu atau dua partai politik menjadi oposisi.

(thr/tsa)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);