Berita Langka, Wamenlu Korea Utara Tiba-tiba Melawat ke Mongolia

by


Jakarta, Pahami.id

Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Tuan Myong Ho jarang sekali berkunjung Mongolia pada Minggu (10/3).

Meluncurkan AFPPyongyang sendiri diketahui sangat jarang mengirimkan delegasi ke Negeri Langit Biru.


Dalam kunjungan kehormatan ini, Pak bertemu dengan Menteri Luar Negeri Mongolia Battsetseg Batmunks. Setelah itu, pada Senin (11/3), Pak bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Mongolia Amartuvshin Gombosuren.

Dilaporkan KCNA, keduanya membahas pengembangan kerja sama persahabatan. Hal ini, menurut Pak, sejalan dengan ‘tuntutan era baru dan saling mendukung di kancah internasional’.

Dalam keterangannya, Kementerian Luar Negeri Mongolia menyebutkan kedua negara berencana meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, kebudayaan, olah raga, pertanian, kesehatan, dan bidang kemanusiaan.

Gambar yang dirilis oleh Kementerian Luar Negeri Mongolia menunjukkan delegasi Korea Utara tampaknya membuat catatan selama pertemuan dengan Gombosuren.

Kunjungan Pak ini terjadi ketika Korea Utara semakin dekat dengan Rusia. Sekelompok turis Rusia, misalnya, tiba di Korea Utara bulan lalu untuk perjalanan empat hari.

Mengolia sendiri terjebak di antara sekutu utama seperti Korea Utara, Rusia, dan Tiongkok. Namun, Mongolia berusaha mempertahankan posisi netral dalam kebijakan luar negerinya.

Hanya saja, tahun lalu Korea Selatan menjatuhkan sanksi kepada seorang warga negara Rusia karena ketahuan mengaturnya perusahaan depan Korea Utara di Mongolia. Sikap ini diambil untuk membantu Pyongyang menghindari sanksi guna mengamankan pendanaan program nuklirnya.

(pantat/pantat)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);