Berita Kronologi MbZ Tolak Bantu Israel Biayai WN Palestina Imbas Agresi

by


Jakarta, Pahami.id

Perdana Menteri Uni Emirat Arab (UEA) Muhammad bin Zayed (MBZ) menjadi sorotan setelah menolak membayar tunjangan warga Palestina yang tidak lagi berfungsi karena invasi Israel.

Penolakan itu bermula ketika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara dengan MbZ untuk meminta bantuan beberapa pekan lalu.


Menurut beberapa sumber, MbZ menolak mentah-mentah keinginan Netanyahu. Mereka juga mengatakan bahwa PM UEA tidak percaya bahwa pemimpin Israel meminta uang untuk masalah yang dia buat sendiri.

“Hanya bertanya [Presiden Ukraina Volodymyr] Zelensky,” kata beberapa sumber yang dikutip Times of Israel, Senin (8/1).

MbZ menilai Zelensky mendapat banyak bantuan dari berbagai negara, termasuk Amerika Serikat. Bantuan dari Barat mengalir setelah Rusia menginvasi Ukraina.

[Gambas:Video CNN]

Sejak invasi Zionis ke Palestina, pemerintah Israel melarang warga Palestina di Tepi Barat masuk ke sana karena alasan keamanan.

Langkah ini membuat lebih dari 100 ribu warga Palestina yang bekerja di Israel tidak bisa masuk ke negara asalnya.

Sementara itu, situasi perekonomian di Palestina juga semakin terpuruk pasca serangan berulang kali yang dilakukan Israel.

Sejumlah pihak menilai penolakan MbZ merupakan sikap negara-negara Arab yang tidak bersedia menanggung biaya pembangunan kembali Gaza.

“Gagasan bahwa negara-negara Arab akan datang untuk membangun kembali dan membayar tagihan atas apa yang terjadi saat ini hanyalah angan-angan saja,” kata seorang pejabat UEA.

Israel masih terus melakukan agresi terhadap Palestina. Akibat serangan tersebut, lebih dari 23.000 orang tewas dan ribuan rumah hancur.

(isa/bac)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);